Kinerjanya Terbaik, Miftahul Ulum Kepala DLH Jombang Menerima Penghargaan Green Leadership 2023

Kinerjanya Terbaik, Miftahul Ulum Kepala DLH Jombang Menerima Penghargaan Green Leadership 2023

KABAROPOSISI.NET|Jombang, – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Miftahul Ulum, menerima Anugerah Lingkungan Green Leadership Program Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2023.

Penghargaan bergengsi tingkat Nasional ini, diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI di Hotel Bidakara, Jakarta pada Rabu, (20/12/2023).

Bacaan Lainnya

Green Leadership merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi/Kabupaten/Kota Terbaik se Indonesia, yang memiliki kinerja terbaik dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup.

Miftahul Ulum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, terpilih setelah melewati beberapa tahapan penilaian :

1. Tahap pertama, tahap penapisan dengan kriteria :

a. Kabupaten/Kota yang telah mencapai target IKLH Tahun 2023 berdasarkan data capaian IKLH Sementara.

b. Capaian indeks respon dengan nilai di atas rata-rata dan terbaik.

2. Tahap kedua, presentasi pertama yang diikuti oleh 50 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab/Kota terpilih, yang diselenggarakan secara online pada 22-23/11/2023. Presentasi menyajikan materi kinerja pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, berdasarkan aspek dukungan, aspek kolaborasi, aspek upaya, dan aspek inovasi.

Dewan juri dari presentasi ini terdiri dari Ir. SPM Budisusanti,M.Sc, Direktur Pengendalian Kerusakan Gambut pada Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Drs. Witono, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Mutu Air Pada Direktorat Pengendalian Pencemaran Air; Ir. Sulistyowati, MM, direktur pemulihan kerusakan lahan akses terbuka.

3. Tahap ketiga, merupakan presentasi kedua atau terakhir yang diikuti oleh 10 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab/Kota terpilih berdasarkan hasil presentasi tahap pertama dan data kinerja pengelolaan lingkungan yang telah dilaporkan.

Presentasi terakhir ini dilaksanakan di Ruang Kalpataru, KLHK, Jakarta pada tanggal 5-7/12/2023. Kandidat Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang mengikuti presentasi terakhir ini adalah Kabupaten Badung; Kabupaten Banjarnegara; Kabupaten Jombang; Kabupaten Lebak; Kabupaten Lumajang; Kabupaten Malang; Kabupaten Sidoarjo; Kabupaten Trenggalek; Kabupaten Bontang dan Kota Medan.

Dewan juri dari presentasi terakhir ini terdiri dari Dirjen PPKL KLHK, Ir. Sigit Reliantoro M.Sc; Ketua Tim Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat Masa Lalu, Prof Dr. Makarim Wibisono, M.A; Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Pemulihan Lingkungan, MR Karliansyah M.Si; Kepala Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan Se-Indonesia, Prof Dr. Anwar Daud, S.KM, M.Kes; Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB, Dr. Yudi Setiawan, S.P., M.Env.Sc; Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Trijoko Mohamad Soleh Oedin; dan Jurnalis dan Duta Lingkungan Hidup, Valerina Daniel, S.Sos., M.A.

Penghargaan Green Leadership diberikan kepada 5 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab/Kota Terbaik dengan nilai tertinggi berdasarkan hasil penilaian para dewan juri.

Melalui penghargaan Green Leadership, diharapkan mampu menjaga ekosistem dan mendorong Pemerintah Daerah untuk menjadi teladan dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Miftahul Ulum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, mengungkapkan rasa syukur, sekaligus ucapan terima kasih atas penghargaan yang telah diterima.

“Syukur Alhamdulillah, atas Ridho Alloh SWT, Saya menerima penghargaan Green Leadership. Tak lupa Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, khususnya jajaran Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami. Terimakasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Bapak Sugiat, Pj Bupati Jombang, Bapak Ketua DPRD, Bapak Sekretaris Daerah, atas dukungan, arahan serta motivasinya yang diberikan kepada kami sehingga menerima apresiasi Anugerah Penghargaan Green Leadership Kepala DLH Kabupaten/Kota terbaik pada hari ini,” tutur Miftahul Ulum usai menerima penghargaan dari Wakil Presiden RI, Makruf Amin.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Miftahul Ulum, kepada seluruh OPD di lingkup Kabupaten Jombang, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kementerian Perindustrian RI, Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang tanpa kecuali, termasuk Dunia Usaha, Kelompok Masyarakat, dan Akademisi.

“Capaian dan keberhasilan ini semua berkat sinergitas, kolaborasi bersama kami, dalam upaya melindungi dan mengelola lingkungan hidup di Kabupaten Jombang, sehingga tercipta kualitas lingkungan hidup yang lebih baik,” tandasnya.

Pj Bupati Jombang Sugiat juga menyampaikan ucapan selamat atas capaian Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, Miftahul Ulum.

“Alhamdulillah, ini sebuah pencapaian yang luar biasa. Saya sampaikan ucapan selamat kepada Bapak Miftahul Ulum Kepala DLH Jombang yang telah menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Semoga dengan diraihnya penghargaan ini semakin memotivasi kita semua untuk selalu meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Jombang, sehingga tercipta Kabupaten Jombang yang sehat, lestari dan terbebas dari kerusakan lingkungan di masa yang akan datang,” pungkas Pj Bupati Jombang Sugiat Sugiat.(tyas)

Pos terkait