Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan Gelar Bazar Menyajikan Keberagaman Produk Ikan dan Peternakan 

Kabaroposisi.net | Magetan – Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan menggelar sebuah bazar di parkiran Pasar baru menyajikan keragaman produk ikan dan ternak. Acara ini bertujuan untuk mendukung pelaku usaha dalam memasarkan produknya, khususnya produk ikan dan peternakan, dengan menampilkan berbagai hasil ikan segar dan produk olahan perikanan serta peternakan. Jumat(22/12/2023)

Dalam bazar yang diselenggarakan, berbagai jenis ikan segar seperti lele, nila, patin, dan tombro dijual dengan harga yang jauh di bawah pasar. Ikan lele, yang biasanya dihargai 24 ribu/kg, kini tersedia dengan harga 19 ribu/kg. Begitu pula dengan ikan patin yang turun dari 24 ribu menjadi 19 ribu/kg, ikan tombro dari 35 ribu menjadi 25 ribu/kg, dan nila dari 34 ribu menjadi 24 ribu/kg. Selain ikan segar, bazar ini juga menawarkan berbagai olahan ikan dan produk hasil peternakan.

Pilihan olahan ikan yang dipasarkan meliputi ikan bakar, abon ikan, ikan goreng, kerupuk ikan, kerupuk kulit ikan, dan berbagai varian olahan ikan lainnya. Pengunjung pun membanjiri bazar, antusias untuk berbelanja baik ikan segar maupun produk olahan ikan.

Nur Hariyani, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, menjelaskan bahwa tujuan dari bazar ini adalah untuk lebih memperkenalkan produk-produk ikan, baik dalam bentuk segar maupun olahan. “Bazar kali ini bertujuan agar masyarakat semakin mengenal dan menyukai konsumsi ikan,” ujar Nur Hariyani.

Selain sebagai sarana pemasaran, bazar ini juga diinisiasi untuk memberikan fasilitas kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mempromosikan beragam produk hasil olahan perikanan dan ternak ikan, sekaligus meningkatkan penjualan mereka. Nur Hariyani menambahkan, “Kegiatan bazar ini sebagai salah satu upaya untuk mempopulerkan budaya makan ikan, meningkatkan minat masyarakat terhadap konsumsi ikan, dan membantu pelaku usaha dalam memasarkan hasil ternaknya.”

Antusiasme masyarakat yang luar biasa terlihat dari habisnya stok bazar hampir secara instan setelah dibuka. Berdasarkan keberhasilan bazar kali ini, rencananya kegiatan serupa akan diadakan secara rutin dengan lokasi yang berpindah-pindah. Diharapkan, kegiatan ini dapat terus berkontribusi positif dalam mendukung pengembangan sektor perikanan dan peternakan di Magetan.(Pri99)

Pos terkait