Yayasan Al-Ikhlas Cantuk, Memberi Manfaat Luar Biasa Bagi Masyarakat Pantas Dapat Support Dari Pemerintah

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Di wilayah Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi tepatnya Desa Cantuk. Ada sebuah Yayasan Sosial Kemasyarakatan bersebutan mama Yayasan AL – IKHLAS yang digagas pengelolaannya oleh H. Fauji pemilik Rumah Makan Seblang bersama tokoh masyarakat.

Dari sumber informasi awak media tangkap bahwa Yayasan Al – IKHLAS Desa Cantuk di tahun 2024 ini sudah masuk usianya yang Ke – 11. Bisa dibilang Yayasan AL -IKHLAS tidak diragukan lagi dalam hal pengelolaan managemennya. Ingin tahu sejauh mana keberadaan Yayasan AL – IKHLAS ini, awak media korek keterangan H. Fauji Senin 22/01/2024 di salah satu tempat.

Diceritakan oleh H. Fauji tentang kegiatan-kegiatan yang dikelola Yayasannya sealam ini. Diantaranya bahwa Yayasan AL – IKHLAS ada program kegiatan harian, mingguan, bulanan, 4 bulanan, dan tahunan. Berikut penjelasan terkait jenis kegiatan sebagaimana dimaksut :

Program Harian : Kalau ada warga sakit difasilitasi dan diantar periksa ke Rumah Sakit atau ke Puskesmas terdekat. Kalau ada warga meninnggal dunia, keluarga yang ditinggalkan dibantu biaya sekedar untuk meringankan. Program Mingguan : Pengajian yang difokuskan di TPQ Al – Ikhlas yang jumlah jama’ahnya kurang lebih 300 orang. Program Bulanan : Pemberian santunan kepada Yatim Piatu dan duafa yang jumlahnya mencapai 200 orang. Program Tahunan : Seperti biasa diadakan peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan diselingi dengan kegiatan sosial lainnya untuk masyarakat.

Tak hanya itu untuk program tahunan Yayasan AL – IKHLAS sengaja berikan bantuan bingkisan berupa sembako pada kaum duafa 3 hari sebelum memasuki bukan Romadhon. Dengan harapan agar kaum duafa yang kerja buruh harian di sawah-sawah terbantu dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Ada lagi bagi bapak-bapak yang kerja buruh tani difasilitasi peralatan kerjanya seperti cangkul, sabit dan sebagainya. Oleh karena itu H. Fauji sangat menyesalkan kenapa Yayasan AL – IKHLAS yang kegiatannya bermanfaat untuk masyarakat tidak ada perhatian dan dukungan dari Pemerintah sama sekali.

Sekilas diceritakan bahwa jama’ah atau tingkat antusias masyarakat Desa Cantuk mendukung keberadaan dan kegiatan Yayasan AL – IKHLAS meningkat dibanding sebelumnya setelah Pilkades dan berganti Kepala Desa yang baru. Dulu masyarakat Desa Cantuk banyak yang antipati pada Yayasan karena ada intervensi oknum dengan inisial “RG”. Bahkan RT dan Kepala Dusun pun tidak berani hadir dalam kegiatan Yayasan AL – IKHLAS.

H. Fauji mewakili Yayasan menyampaikan harapannya kepada Pemerintahan Desa yang baru untuk mendukung kegiatan Yayasan. Karena kata H. Fauji selama ini tidak pernah ada kontribusi dari Pemerintah Desa Cantuk kepada Yayasan AL – IKHLAS yang nyata-nyata kegiatannya bermanfaat bagi masyarakat terutama warga kurang mampu, Anak Yatim dan duafa. Begitu juga kepada Kemensos melalui Dinas Sosial, H. Fauji berharap ada perhatian dan support, agar Yayasan AL – IKHLAS bisa mendukung Pemerintah memberikan perhatian kepada masyarakat kurang mampu di Desa Cantuk.

Karena dikatakan bahwa selama ini tidak ada campur tangan Pemerintah Desa, berikut awak media tanyakan dari mana sumber anggaran yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang jelas-jelas butuh dana tidak sedikit itu.

“Yayasan Al – Ikhlas ini tiap bulan mengeluarkan dana 14 juta untuk kegiatan-kegiatan yang saya sebutkan tadi mas. Yang sampean tanyakan dari mana dana sebesar itu, jawabannya alhamdulillah tokoh-tokoh masyarakat yang terlibat dalam Yayasan kami ini, secara sukarela menyisihkan rejekinya dan sudah berjalan 11 tahun ini. Saya sangat berterima kasih kepada tokoh-tokoh dan masyarakat Cantuk yang peduli pada kelangsungan Yayasan ini. Semoga amal baik beliau-beliau itu dibalas dengan nikmat dan rejeki yang melimpah dari Allah Swt”, ungkapnya dengan tulus.

Pada saat yang bersamaan awak media mendapati beberapa unit mobil bertukiskan Palang Merah indonesia (PMI) di halanan Yayasan AL – IKHLAS. Dijelaskan oleh H. Fauji bahwa Yayasannya rutin setiap 4 bulan kerjasama dengan PMI mengadakan kegiatan donor darah. Dan pada Hari Ulang Tahun Yayasan AL – IKHLAS kali ini, sengaja adakan Sholawatan Akbar bersama Majelis Sholawat Mahabbatun Nabi di lapangan Cantuk. Yang mana dalan acara Sholawatan tersebut Yayasan AL – IKHLAS Cantuk mendatangkan Syech Zakariya Imam Besar Al – Azhar dari Mesir. (ktb).

Pos terkait