Dalam Lomba HATINYA PKK Tingkat Kabupaten, TP PKK Desa Karangbendo Angkat Tema LESTI BERSERI

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Dusun Karanganyar Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi, kedatagan Tim Juri Lomba HATINYA PKK Tingkat Kabupaten Banyuwangi Selasa 21/5/2024. Kehadirannya disambut oleh Edy Basuki (Sekcam Rogojampi), Budiharto (Kepala Desa Karangbendo), Maria Ulfa (Ketua TP PKK Desa Karangbendo) beserta Ibu-Ibu Kader PKK, Bhabinkamtibmas, Babinsa Karangbendo, dan seluruh Perangkat Desa Karangbendo.

Dalam lomba HATINYA PKK kali ini, Tim Penggerak PKK Desa Karangbendo yang merupakan perwakilan dari Kecamatan Rogojampi angkat tema “LESTI BERSERI” kependekan dari kalimat “Lingkungan Asri Tertib Indah Bersih, Sehat dan Mandiri”. Pada kesempatan tersebut Tim Juri dari Kabupaten, diajak keliling lihat-lihat beberapa tempat di lingkungan Dusun Karanganyar. Yang memberikan gambaran tentang capaian pelaksanaan dan pengembangan HATINYA PKK oleh TP PKK Desa Karangbendo.

Bacaan Lainnya

Sepertinya TP PKK Desa Karangbendo yang dikomandani Maria Ulfa yang tak lain adalah istri Kepala Desa Karangbendo yang juga Ketua ASKAB itu. Tak gemen-gemen memamerkan capaian-capaian kerja TP PKK Desanya. Ada tempat-tempat kegiatan warga dengan sebutan Rumah SABU (Rumah Sayur dan Buah), Kaisar Asek (Kampung Ibu-ibu Sadar Asi Ekslusif), Gemindul (Gerakan Memilah Sampah dari Ibu dan Balita), Bank Sajadah (Bank Sampah Jadi Rupiah), WaRoGo (Wadah Romot Organik), GEMALUR (Gemar Makan Telur), dan RUMAH DILAN “KREMAS KREMES”.

Pasalnya di tiap lingkungan RT di Dusun Karangangyar Desa Karangbendo, menujukkan potret bahwa hampir setiap aktivitas warganya punya nilai ekonomi. Yang lucu ada sebuah Pos Kamling yang dimanfaatkan oleh Petugas Posyandu. Untuk tempat simulasi bersama ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak kecil, yang materinya adalah tentang pengenalan pola hidup dan pelestarian lingkungan. Petugas Posyandu kemas simulasi tersebut dengan sebuah permainan ringan dan sesekali bernyanyi.

Untuk menjaga kebersihan, di kanan kiri sepanjang jalan lingkungan Dusun Karanganyar terlihat tempat-tempat sampah disertai dengan papan peringatan tidak membuang sampah sembarangan. Pot-pot bunga dan tanaman-tanaman hias membuat lingkungan Dusun Karanganyar terlihat asri. Sebagaimana disampaikan oleh Budiharto (Kepala Desa), TP PKK desanya mengedukasi warga terkait tata rumah tangga, juga optimalisasi pemanfaatan pekarangan agar punya nilai ekonomi.

Dijelaskan oleh Kades Budiharto pemanfaatan pekarangan yang punya nilai ekonmoni dengan cara ditanami tanaman yang tergolong punya nilai jual dan bisa untuk kebutuhan warga. Makanya Ibu-Ibu PKK Desa Karangbendo gunakan istilah Warung Hidup, Apotek Hidup, Lumbung Hidup, Tabungan Hidup. Selain itu untuk menopang kebutuhan sehari-hari ada yang usaha ternak hewan konsumsi dan memihara ikan. Kades Budiharto berharap dengan adanya lomba HATINYA PKK, masyarakat terdorong atau termotivasi untuk memanfaatkan pekarangan agar punya nilai ekonomi. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *