Pertukaran Dosen Mengajar : Dosen Administrasi Publik UPN Veteran Jawa Timur dan Universitas Jember

Oplus_131072

Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar diluar kampus, pun dengan dosennya. Dosen juga dapat mengikuti kegiatan diluar kampus, salah satunya kegiatan mengajar di kampus lain.

Program pertukaran dosen mengajar menjadi salah satu fokus pengembangan pembelajaran di lingkungan perguruan tinggi. Interaksi dosen antar perguruan tinggi bermanfaat dalam pengembangan ilmu program studi; meningkatkan jejaring kerjasama; dan meningkatkan kegiatan di luar kampus.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pertukaran dosen mengajar sudah menjadi konsen prodi Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur dalam dua tahun terakhir. Prodi Administrasi Publik mengirimkan Dosen Binti Azizatun Nafi’ah, SIAN.,MPA untuk mengajar mata kuliah Metode Penelitian Administrasi di Prodi Administrasi Negara Universitas Jember pada 28 Mei 2024.

Pertukaran dosen mengajar merupakan kegiatan dosen mengajar mata kuliah yang sama di perguruan tinggi yang lain. Binti Azizatun Nafi’ah,S.IAN.,MPA merupakan pengampu mata kuliah Metode Penelitian Administrasi pada semester genap 2023/2024 dan mengikuti pertukaran dosen mengajar pada mata kuliah yang sama yakni Metode Penelitian Administrasi.

Kelas dimulai Pkl 13.30 s.d 14.30 WIB bertempat di ruang pascasarjana Administrasi Publik di Universitas Jember. Mahasiswa antusias menyimak dan bertanya. Tidak hanya penjelasan secara teori, namun juga disertai contoh analisis supaya mudah dipahami. Kegiatan ini ditutup dengan diskusi model kelas Metode Penelitian Administrasi Universitas Jember dan UPN “Veteran” Jawa Timur. Tidak jauh berbeda model kelas dan teknik pengajarannya, namun perbedaan ada pada tugas matakuliah.

Di UPN “Veteran” Jawa Timur tugas matakuliah MPA adalah melakukan sebuah penelitian yang kemudian dilaporkan sebagai laporan penelitian secara berkelompok. Sedangkan tugas matakuliah MPA di universitas jember, tugas matakuliah ini meliputi membuat proposal penelitian yang dikerjakan secara individu.

Dengan adanya program pertukaran dosen mengajar, baik dosen maupun mahasiswa sama-sama belajar tentang masing-masing budaya belajar, matakuliah, dan teknik pembelajaran. Pertukaran dosen mengajar juga memberikan peluang kerjasama yang intens dalam pengembangan modul ajar maupun buku ajar.

Tujuan akhir kegiatan ini adalah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi perkembangan belajar mahasiswa dan dosen serta peningkatan capaian indikator kinerja utama perguruan tinggi.

Penulis : Binti Azizatun Nafi’ah,S.IAN.,MPA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *