Sukses Gelar Karya P5, SDN Patemon Tanah Merah Usung Tema “Sekolahku Hijau”

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Hal tersebut saat ini sedang menjadi upaya bagi SDN Patemon, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, dalam mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan profil para siswa.

Dengan menyandang sebagai salah satu sekolah penggerak, SDN Patemon merealisasikan P5 dengan mengambil tema gaya hidup berkelanjutan dengan Judul “Sekolahku Hijau”

Dalam giat tersebut dihadiri oleh warga sekolah SDN Patemon, Dewan guru, Komite Sekolah, serta Koordinator Wilayah (korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Tanah Merah.

Disampaikan Siti Fauziyah. S.Pd.M.Pd., Kepala Sekolah SDN Patemon, walaupun terkendala oleh minimnya lahan dilembaga sekolahnya tersebut, namun hal itu tak menurunkan niatnya untuk mewujudkan salah satu program yang ia cetuskan dengan menebarkan tanaman hijau pada lingkungan sekolahnya.

“Dari kata hijau sepertinya tidak mungkin kalau di SDN Patemon karena lahan tidak mendukung. Tetapi namanya keinginan harus terwujud walaupun tidak ada lahan”, jelasnya. Kamis (20/06/2024).

Hal itu diniatkan Siti Fauziyah untuk meminimalisir polusi udara yang kian terasa akibat bertambah padatnya kendaraan yang lalu-lalang di jalan raya, dan kebetulan posisi lembaga sekolahnya yang berada di bibir jalan raya.

“Dari observasi lingkungan sekolah yg berada di pinggir jalan poros yang otomatis banyak polusi udara yang menyebabkan kan kurang baik bagi kesehatan tubuh dalam jangka waktu lama”, tarangnya.

Terpantau aneka macam tanaman hijau menghiasi berbagai sudut SDN Patemon, baik di halaman sekolah maupun di setiap sudut kelas yang kian memberikan pemandangan sejuk pada lokasi tersebut.

“Untuk meminimalkan polusi udara maka kami mengajak anak2 untuk menanam dan membiakkan tanaman antioksidan seperti lidah buaya, lidah mertua, patah tulang dan sebagainya”, tuturnya. (fin)

Pos terkait