Layanan Keliling Oleh Dispenduk Banyuwangi, Sangat Memudahkan Masyarakat

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Bertempat di Kantor Kecamatan Singojuruh, Kamis 18/7/2024, ada sebuah kegiatan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk). Pantauan media layanan Adminduk dilakukan oleh petugas dari Dinas Kependudukan (Dispenduk) Kabupaten Banyuwangi.

Ratusan warga yang berkepentingan dengan urusan administrasi kependudukan padati area Kantor Kecamatan Singojuruh. Memastikan pelayanan pada masyarakat berjalan dengan baik, tampak keberadaan Juang Pribadi, SH, Kadispenduk Banyuwangi juga Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto. Terlibat langsung kawal dan pantau kegiatan pelayanan pada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Baik Kadispenduk Banyuwangi maupun Plt.  Camat Singojuruh sesekali terlihat berikan arahan pada warga yang butuh petunjuk atau informasi. Semua staf pelayanan Kantor Kecamatan Singojuruh dilibatkan untuk membantu petugas dari Dispenduk Banyuwangi.

Kadispenduk Juang Pribadi, SH saat dimintai keterangan terkait kegiatan tersebut menyampaikan. Bahwa kegiatan layanan keliling tersebut menindak lanjuti perekaman KTP pemula jelang Pilkada yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Singojuruh.

“Ini menindak lanjuti hasil perekaman KTP pemula jelang Pilkada yang sudah dilakukan oleh teman-teman di Kecamatan Singojuruh. Mungkin setelah itu masyarakat karena sesuatu hal berhalangan datang ke Dinas atau ke Mall Pelayanan Publik, maka kami jemput bola dan fasilitasi pelayanan langsung ke kantor Kecamatan. Tidak menutup kemungkinan juga pelayanan adminduk untuk masyarakat umum yang datang mau urus KK, Akte Kelahiran, juga Akte Kematian. Kegiatan seperti ini sebenarnya bisa diadakan di kantor-kantor Desa. Pemerintah Desa cukup buat permohonan pasti kami layani”, ungkap Kadispenduk.

Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto mengucapkan terima kasih atas kerjasama Dispenduk Banyuwangi. Yang sediakan waktunya jemput bola untuk berikan pelayanan adminduk pada masyarakat Singojuruh. Berikut Plt. Camat Anas Sugiarto mengatakan, layanan keliling oleh Dispenduk tersebut setidaknya meminimalisir adanya praktek percaloan.

“Atas nama masyarakat saya terima kasih sekali pada petugas Dispenduk yang telah fasilitasi layanam adminduk untuk masyarakat Singojuruh. Terutama terima kasih sekali kepada Pak Juang Kadispenduk yang turun kawal langsung kegiatan ini. Yang jelas dengan adanya layanan adminduk keliling ini membantu dan memudahkan masyarakat. Setidaknya kegiatan ini meminimalisir adanya percaloan. Oleh karena itu saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak melalui calo kalau mau urus KTP, KK, Akte Kelahiran, dan Akte Kematian menghindari adanya kesalahan dan adanya kost biaya karena gratis”, ujar dan himbaunya.
Pada kesempatan yang sama, Plt. Camat Anas Sugiarto sampaikan salam ucapan terima kasih Bu Bupati kepada masyarakat Singojuruh.

“Melalui kesempatan ini saya sampai salam ucapan terima kasih Bu Bupati. Bahwa kata beiau keberhasilan dan prestasi yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berkat dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat Banyuwangi termasuk juga masyarakat Kecamatan Singojuruh”, ungkapnya.

Salah satu masyarakat sebut saja Pak Haji, dimintai tanggapan terkait layanan keliling oleh Dispenduk. Kepada awak media mengaku merasa sangat terbantu karena tidak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan.

“Kalau ada pelayanan seperti ini kami juga mungkin semua masyarakat sangat terbantu mas. Satu dekat tidak perlu jauh-jauh ke Banyuwangi. Kalau ada kepentingan keluarga mendadak di rumah masih bisa sempatkan waktu mengatasinya. Ini buktinya banyak warga yang datang ada yang urus KK, KTP, Akte Kelahiran, dan Akte Kematian”, tutur Pak Haji. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *