Capaian Gemilang Kinerja Satu Tahun Kejaksaan Negeri Jombang, Simak Paparannya

Kabaroposisi.net | Jombang – Pada momen peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64, Kepala Kejaksaan Negeri Jombang Agus Chandra menyampaikan laporan kinerja dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Senin (22/7/2024)

Kepala Kejaksaan Negeri Jombang Agus Chandra menjelaskan berbagai prestasi dan peningkatan kinerja yang telah dicapai selama satu tahun terakhir di berbagai bidang.

Bacaan Lainnya

“Dalam satu tahun terakhir, terhitung dari Januari hingga Juni 2024, Kejaksaan Negeri Jombang berhasil mencatat kemajuan signifikan di berbagai bidang,” ucapnya.

Ia mengatakan capaian itu ada di berbagai bidang Pembinaan, Tindak Pidana Khusus (Pidsus), Tindak Pidana Umum (Pidum), Pengelolaan Barang Bukti, Intelijen, serta Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Pada bidang pidana umum, Kejaksaan menerima berkas perkara penuntutan sejumlah 319 perkara. Yakni penuntutan 184 perkara, upaya hukum 31 perkara, restorasi justice 5 perkara dan perkara yang telah dieksekusi 157 perkara,” ujarnya.

Untuk bidang tindakan pidana khusus, ada 2 perkara naik ke penyelidikan perkara dugaan korupsi pada anggaran mamin Satpol PP dan Panglungan. “Dan alhamdulilah untuk perkara cukai pra penuntutan ada 2 perkara, penuntutan 2 perkara dan penyelamatan uang negara Rp 309 juta,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada bidang perdata dan tata urusan negara, ada 279 bantuan hukum, 1 mitigasi, pendampingan hukum 91 kegiatan serta 2 diantaranya pendampingan soal legal drafting soal perbup BUMD.

“Dan penyusunan peraturan direksi PDAM tentang kerjasama dengan pihak ketiga, termasuk legal opinion atau pendapat hukum sebanyak 30 kegiatan,” kata Agus.

“Selain itu berhasil memulihkan Rp 3,9 miliar, kegiatan pendampingan hukum dari permohonan BRI,” ujarnya.

Sedangkan, untuk seksi pengelolaan barang bukti, kejaksaan berhasil melakukan lelang barang rampasan Rp 11 juta, dan berhasil lelang mobil isuzu Rp 320 juta, total PNBP Rp 375 juta. “Pada bidang pidana intelijen, yakni melakukan penyuluhan hukum 2 kegiatan, jaksa menyapa 9 kegiatan,” tuturnya.

Pada momen Hari Bhakti Adhyra ke 64 ini, Agus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada Kejari Jombang. “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada Kejaksaan. Sehingga kami berharap agar capaian yang diraih harus terus dijaga dan ditingkatkan,” pungkasnya.(tyas)

Pos terkait