Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Gelontorkan Alsintan Guna Meningkatkan Produktivitas

Kabaroposisi.net | Jombang – Dinas Pertanian kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan Penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) kepada 4 kelompok tani untuk meningkatkan produktivitas.

Sumber anggaran dari APBD Propinsi Jawa Timur melalui Pokir (pokok pikiran) DPRD Propinsi Jawa Timur kolaborasi Rachmawati Peni Sutantri dan Achmad Shillahuddin (Gus Adi).

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian kabupaten Jombang melalui kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura Eko Purwanto saat ditemui dihalaman kantor Dinas Pertanian. Rabu (24/7/2024).

Empat unit mesin alsintan dibagikan kepada 4 kelompok tani yakni
poktan Bunder desa Gebangbunder Plandaan, Poktan Watudakon desa Watudakon Kesamben, poktan Ngudi desa Tugu Sumberejo Peterongan, poktan Sidokaton desa Sidokaton Kudu.

“Alsintan yang kita bagikan hari ini adalah 2 unit traktor roda 2 singkal, 1 traktor roda 2 rotari dan 1 unit cultivator,” ujarnya.

Diharapkan dengan bantuan alsintan ini proses budidaya pasca panen yang dilakukan para kelompok tani bisa berjalan lebih baik sehingga bisa meningkatkan produksi dan produktivitas, imbuhnya.

” Dengan adanya bantuan alsintan ini semoga bisa menjadi intensif yang baik bagi petani ,tidak perlu membeli alat untuk proses budidaya dan lebih hemat menuju kesejahteraan, ” harap Eko.

Menurutnya, karena alat tidak diberikan kepada individu melainkan untuk kelompok maka bisa digunakan sebesar- besarnya untuk kepentingan kelompoknya, Dinas Pertanian akan selalu kawal keberadaannya.

“Kita tekankan lagi bahwa bantuan alsintan ini tidak untuk dijual, digadaikan, masukkan dalam aset dan sampaikan kepada kelompok bahwa panjenengan telah menerima bantuan alat pertanian ini, jika perlu undang perangkat agar masyarakat tau bahwa telah mempunyai alat ini dan siapapun bisa memanfaatkannya walaupun secara bergiliran atau sesuai kesepakatan bersama,” tandasnya.

Sementara Anggota DPRD Propinsi Jawa Timur Rachmawati Peni Sutantri mengapresiasi Dinas Pertanian kabupaten Jombang yang telah bersinergi dengan DPRD Propinsi guna penyaluran alat mesin pertanian (alsintan).

“Kolaborasi saya bersama Gus Adi sebagai bentuk peduli terhadap para petani sebagai penyangga pertanian di kabupaten Jombang khususnya dan Jawa Timur pada umumnya, ” tutur mbak Peni panggilan akrab Rachmawati Peni Sutantri.

Peni juga menegaskan bahwa alsintan bukan milik pribadi akan tetapi milik kelompok. Jika ada yang membutuhkan maka bisa dipinjamkan atau disewakan.

“Jika ada tetangga yang mau pinjam harus jelas. Harus ada tanda tangannya dan jika ada harga sewa harus dilaporkan. Jadi harus ada pembukuan agar lebih mudah. Semoga bermanfaat, jangan dijual karena baik dari Dinas maupun PPL akan memantau selama kurun waktu 5 tahun kedepan. Dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka bantuan alsintan selanjutnya akan kita alihkan ke desa atau kecamatan lain, ” pungkasnya.(tyas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *