Kirab Budaya Dalam Rangka HARJASA Ke – 121 Sekaligus Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke – 79

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Satu per satu rangkaian kegiatan dilalui oleh Pemerintah dan masyarakat Desa Sragi dalam rangka memperingati Hari Jadi Sragi (HARJASA) yang Ke – 121. Mulai dari Kirab Santri, Khotmil Qur’an, Tasyakuran, dan kali ini Sabtu 27/7/2024 Kirab Budaya.

Karena memang tinggal hitungan hari memasuki bulan Agustus memperingati HUT Kemerdekaan RI. Maka Kirab Budaya oleh Pemerintah dan masyarakat Desa Sragi digelar sekaligus dalam rangka sambut HUT Kemerdekaan RI Ke – 79. Kirab Budaya pada HARJASA Ke – 121 ini Pemerintah Desa Sragi angkat tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Bacaan Lainnya

Patut diapresiasi semangat dan antusias masyarakat Desa Sragi demi memeriahkan peringatan hari jadi desanya. Begitu juga dalam rangka sambut HUT RI Ke – 79, di sepanjang jalan poros Desa Sragi mulai terpasang umbul-umbul Merah Putih.

Kirab Budaya yang ambil start di Dusun Kendal dan Finish di Lapangan Sragi itu, dilepas oleh Ketua BPD H. Komari mewakili Panitia. H. Komari dalam penyampaian sebelum melepas peserta Kirab mengatakan,

“Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Desa Sragi bersama masyarakat ini. Adalah bagian dari mengenang jasa-jasa para pendiri Desa Sragi terdahulu. Sekaligus kita menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke – 79 karena sebagaimana ungkapan ulama’ bahwa mencintai tanah air itu sebagian daripada iman, hubbul waton minal iman”, ungkapnya, dan dengan ucapan bismillaahir rohmaanir rohiim Kirab Budaya pun diberangkatkan.

Pantauan media masyarakat, juga siswa-siswi lembaga pendidikan mulai dari tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA se Desa Sragi terlibat dalam Kirab Budaya tersebut. Pasalnya Kirab Budaya oleh Pemerintah Desa Sragi benar-benar spektakuler, tak kalah meriah dengan kegiatan tingkat Kabupaten. Betapak tidak, karena Start dimulai sekira Pukul : 09.00 WIB baru tuntas hingga jelang senja.

Ragam tampilan kreasi kostum dan seni budaya bumi Belambangan juga kostum Bhineka Tunggal Ika dipersembahan masyarakat Desa Sragi sehingga menarik untuk ditinton. Tak mau kalah, unsur Pemerintahan Desa ajak khalayak pengunjung menengok sejarah kejayaan Kerajaan Belambangan. Yang mana Kepala Desa Sragi Hartono, SH beserta istri dan perangkat desanya ikut Kirab kenakan kostum ilustrasikan masa kejayaan Kerajaan Belambangan tempo dulu.

Ribuan warga tumpah ruah ikut menikmati kemeriahan kegiatan Kirab Budaya Desa Sragi. Terutama ketika tiap rombongan peserta Kirab dari masing-masing Dusun melakukan atraksi di depan panggung kehormatan, pengunjung dibuat berjubel ingin menyaksikan. Sesekali tawa pecah ketika ada sebuah atraksi yang lucu dan di luar nalar. Setiap rombongan peserta Kirab, baik dari masing-masing dusun maupun dari lembaga-lembaga pendidikan, sertakan audio (Soud System).

Kegiatan Kirab Budaya di Desa Sragi juga membawa manfaat dan berkah bagi para pedagang asongan dan pedagang kaki lima penjual jajanan dan minuman. UMKM-UMKM pun diberdayakan, mereka difasilitasi tempat mendirikan lapak-lapak Lapangan Sragi.

Hartono, SH selaku Kepala desa Sragi dikonfirmasi setelah lepas dari rombongan Kirab menuturkan,

“Saya atas nama pribadi juga atas nama Pemerintah Desa, mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu sukses pelaksanaan Kirab Budaya ini. Wabil khusus ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Sragi. Jujur saya katakan, tanpa peran serta masyarakat kegiatan yang begitu besar ini tidak bisa terselenggara dengan baik. Inilah bukti bahwa guyub rukun, kompak bersatu akan membuat mudah segala urusan sesulit apapun”, tuturnya.

Mendukung suskes Kirab Budaya Desa Sragi, terlihat sejumlah personil Kepolisian (Polsek Songgon) dan unsur TNI (Koramil Songgon, melakukan pengamanan dan pengendalian dibantu LINMAS setempat. (r35)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *