Candi Mulyo Madiun, Karnaval Pawai Budaya

Salah satu peserta Karnaval Pawai Budaya

KABAROPOSISI.NET|Madiun, -Pemerintah Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur kembali menggelar karnaval pawai budaya Nusantara. Karnaval pawai budaya nusantara dilaksanakan Minggu 4 Agustus 2024 dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Ratusan warga antusias menyaksikan pawai yang di ikuti 60 peserta berbagai lapisan masyarakat turut serta dalam pawai budaya nusantara yang diadakan dalam rangka hari bersejarah tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Candimulyo, Elya Widi Astuti, SE mengatakan kegiatan hari ini budaya nasional kebetulan bersamaan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ( HUT RI) ke 79, harapan kami jadi agenda tahunan dengan konsep berbeda, karena kegiatan ini per rukun tetangga (RT) yang ditampilkan semua budaya nasional, seperti budaya Bali, budaya Jawa dan lain sebagainya yang penting budaya daerah.

“Harapan awal menjalin silahturahmi antara warga masyarakat dari dusun yang jauh yang sebelumnya mungkin belum kenal akhirnya bisa silahturahmi, ini bisa menjalin silaturahmi lebih baik, harapannya tiap tahun diagendakan seperti ini,” kata Elya Widi Astuti, Minggu 4 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Elya Widi Astuti menambahkan pawai ini tujuannya selain memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ( HUT RI) ke 79 konsepnya hanya pawai budaya nusantara, soalnya tahun 2020 sebelum Corona (covid-19) ada parade tayub nusantara itu dibuat tahunan, harapan kami agenda tahunan tapi bukan dihari kemerdekaan cuman pawai budaya.

 Kepala Desa Candimulyo, Elya Widi Astuti SE

Dengan melibatkan warga masyarakat Candimulyo pawai ini dilaksanakan per RT, kita beri kontribusi dari Desa.

“Pinginnya kita agendakan tahunan pawai budaya nusantara kebetulan pas memperingati HUT RI Ke 79,” ujarnya.

Elya Widi Astuti kepala Desa Candimulyo yang sudah menjabat 3 periode menambahkan untuk lembaga pendidikan yang berpartisipasi SMK Muhammadiyah Dolopo, SD, MI dan TK otomatis ikut masing-masing RT, untuk Desa Candimulyo terdiri dari 5 Dusun , 20 RT antara lain Dusun Krajan, Dusun Sidowayah, Dusun Jatirejo, Dusun Bulu dan Dusun Ngandel jumlah pemilih sekitar 4100 total jumlah penduduk 6000 jiwa.

“Amat sangat antusias luar biasa masyarakat untuk mengikuti pawai budaya nusantara, untuk perangkat dari tempat saya ke lapangan, untuk peserta dari lapangan pinishnya ditempat tinggal saya,” terangnya.

Masih menurut, Kepala Desa Candimulyo, untuk syaratnya mengikuti pawai budaya nusantara KTP warga Candimulyo, harapannya anggaran Candimulyo dinikmati warga masyarakat Candimulyo ada hadiah prioritas untuk pembangunan di RT tahun depan, meskipun tahun depan masyarakat antusias.

“Dewan juri kita mendatangkan dari luar daerah Kabupaten Madiun biar tidak ada dusta diantara kita, nanti yang dinilai kreatifitasnya, kekompakannya, kesesuaian temanya apa yang ditampilkan, di dewan juri termasuk barisan beberapa lokasi disebar beberapa titik,” jelasnya.

Peserta pawai budaya nusantara
Sementara itu, Sekertaris Desa Candimulyo, Rizal Prasetyo menambahkan peserta pawai budaya nusantara semua unsur masyarakat, lembaga desa, BPD, LPKMD, Pak RT, juga lembaga lain LHD dan LKD ikut pawai diikuti 20 RT yang rata-rata 80 sampai 100 orang peserta.

Kepala desa Candimulyo beserta staf pemerintah mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat tokoh agama dan tokoh pemuda yang telah membantu pelaksanaan acara pawai budaya ini bisa berjalan dengan lancar dan aman pungkasnya (Wit/Pr@).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *