Pendidikan Kecamatan Labang, Gelar Jambore Ranting 2024 Tingkat SD

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Dalam Rangka membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda, Pendidikan Kecamatan Labang tingkat Sekolah Dasar (SD) Menggelar kegiatan Pramuka atau Jambore Ranting tahun 2024, di Taman Wisata Sentra IKM, Desa Morkepek Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan Praja Muda Karana atau Pramuka ini di agendakan selama tiga hari lamanya, yang dimulai dari hari Senin, 12 Agustus sampai 14 Agustus 2024.

Dengan diikuti sebanyak 24 lembaga Sekolah Dasar se-Kecamatan Labang. Masing-masing lembaga mengirimkan 2 regu, yaitu regu putra dan putri, di setiap regunya diisi oleh 10 peserta pramuka.

Diwilayah Kecamatan Labang sendiri, kegiatan Pramuka seperti ini sempat mati suri selama beberapa tahun terakhir, diakui Koordinator Wilayah (korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Labang kegiatan kepramukaan ini akan ia hidupkan kembali, pagelaran ini menjadi awal kebangkitan Pramuka di daerah tersebut.

“Selama ini kegiatan jambore ranting di Kecamatan Labang sempat vakum kurang lebih 8 tahun, terakhir dilaksanakan di daerah Petapan pada tahun 2016 silam”, Ungkap Dony Andrie Rianto.S.Pd.SD.M.Pd,
Korwil Kecamatan Labang saat ditemui dilokasi kegiatan. Senin 12 Agustus 2024, malam.

Setelah 8 tahun terakhir tak tersentuh, kini korwil Kecamatan Labang ini berkomitmen akan terus memeriahkan kegiatan Jambore Ranting di wilayah kerjanya tersebut, disampaikan Dony kegiatan ini untuk merefresh para peserta didik agar lebih giat dalam berpramuka.

“Karna sempat vakum cukup lama, kita sempat mengalami beberapa kesulitan terutama dalam mengkoordinir adik-adik didik kita serta sarpras yang mungkin punya sekolah-sekolah ini sudah banyak yang rusak, jadi lumayan banyak kita harus beli tenda baru lagi”, tutur Dony.

Dalam menjaga keamanan serta keselamatan para peserta pramuka sebanyak 480 siswa terbsebut, Dony mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak ketiga, baik itu pihak keamanan Taman Wisata Sentra IKM serta pihak Disperindak.

“Dalam segi kebersihan, anak-anak kita tuntut untuk menjaga wilayah ini, baik di daerah tenda, ataupun diluar area tenda, agar jangan membuang sampah sembarangan”, Jelas Dony sembari menyaksikan aktivitas peserta pramuka.

Diakhir perbincangan, Dony berharap kegiatan kepramukaan ini dapat terus bisa rutin dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa diagendakan setiap tahunnya, jadi bisa mendongkrak minat adik-adik didik kita untuk berkarakter lebih baik dalam kepramukaan”, kata Dony.

Selain Korwil Kecamatan Labang, pada kesempatan itu pula dijumpai ketua panitia penyelenggara, Slamet yang juga merupakan Kepala Sekolah (kepsek) UPTD SDN Petapan 1.

Slamet mengatakan ibarat sedang berjalan para panitia penyelenggara ini masih tertatih-tatih lantaran belum terbiasa dengan kegiatan ini, hal itu diakibatkan dari lamanya kegiatan ini ditiadakan di wilayah tersebut

“Kebetulan bapak Korwil kita ini adalah seorang ahli dibidang Pramuka, sehingga apa yang kita inginkan itu pas”, ucap Slamet.

“keinginan daripada kamabigus dalam hal ini kepala
Terpantau dilokasi kegiatan, Antusiasme masyarakat sekitar dalam memeriahkan kegiatan tersebut sangat luar biasa, hal itu dibuktikan dengan membeludaknya pengunjung yang juga ingin menyaksikan antraksi para siswa yang kebetulan pada malam itu sedang mengadakan atraksi pentas seni.

“Ini merupakan langkah awal yang bagus, melihat antusiasme masyarakat yang tentunya ini sangat diluar prediksi kita, mungkin ini juga berkat sekolah sudah respect dengan kegiatan seperti ini, sehingga kita dimasing-masing gudep (gugus depan) itu membentuk semacam pembina untuk mengarahkan anak didik kita untuk melakukan hal-hal luar biasa seperti ini”, ucap Slamet sembari tersenyum gembira.

Ia juga menuturkan pada hari terakhir kegiatan, tanggal 14 agustus mendatang yang bertepatan dengan hari Pramuka akan lebih meriah, dengan mengikut sertakan semua kwarcap dan PJ Bupati Bangkalan akan memeriahkan Jambore Ranting di Kecamatan Labang.

“InsyaAllah intruksinya semua Kwarcap, serta semua Camat, dan Korwil se-Kabupaten Bangkalan akan dipusatkan disini, jadi nanti akan berkumpul semua disini di Kecamatan Labang ini”, jelasnya.

Dipaparkan Slamet agenda para peserta pramuka pada hari pertama ini dimulai dari pagi jam 07.00 dengan pendirian tenda sampai jam 12.00, kemudian dilanjut dengan upacara pembukaan, serta tergelar juga acara aneka keterampilan penggalang yang selesai sekitar jam 17.00, kemudian setelah itu Isoma, dan jam 19.00 digelar acara pentas seni yang kebetulan pada saat itu acara tersebut sedang berjalan dengan meriah.

Selain acara yang sudah digelar, dikatakan Slamet Acara ini masih terdapat banyak kegiatan, seperti berjelajah, penyalaan Api Unggun dan lain sebagainya. (fin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *