Kecamatan Kokop Berhasil Raih Juara Harapan 2 Ditingkat Kabupaten Dalam Lomba Kebersihan

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Dengan menempati lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian.

Hal itu yang beberapa tahun terakhir ini, kian digenjot oleh Koordinator Wilayah (Korwil) bidang Pendidikan Kecamatan Kokop, pada lembaga sekolah yang berada dibawah naungannya.

Keseriusan itu kian terbukti dengan adanya lomba kebersihan sekolah tingkat Kecamatan dengan diikuti oleh 36 lembaga Sekolah Dasar Negeri (SDN), se-wilayah Kokop.

Tak hanya Korwil Kokop, penyelenggaraan kegiatan lomba ini juga bekerjasama dengan Camat Kokop, Urip Riyanto. Serta Kepala Puskesmas Kokop, Zaitun Ernawati.

Kegiatan ini di laksanakan kurang lebih sekitar 2 minggu lamanya, yakni mulai dari tanggal 16 juni, sampai dengan 30 Juni 2024.

Dikatakan Sayadi, Korwil Kecamatan Kokop, tujuan dari kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontrol sosial darinya, untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebersihan lembaga sekolah di lingkungannya dalam membudayakan hidup bersih dan sehat.

“Ingin memberi gambaran tentang kebersihan sekolah di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kokop”, ucap Sayadi, Minggu, 18 Agustus 2024.

Pada kegiatan itu pemenang lomba tidak hanya pada tingkat Kecamatan, melainkan juga di kerucutkan pada tingkat Guslah yang berada di wilayah Kecamatan Kokop.

Nantinya lembaga sekolah yang berhasil mendapat juara pertama akan mewakili Kecamatan Kokop dalam kegiatan serupa ditingkat Kabupaten.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil lomba kebersihan sekolah tingkat Kecamatan Kokop sebagai berikut. Nilai tertinggi dimenangkan oleh UPTD SDN Kokop 1 sebagai juara pertama, juara kedua diraih, UPTD SDN Bandasoleh 1, dan juara ketiga diraih oleh UPTD SDN Dupok 2.

Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh UPTD SDN Mano’an 2, juara harapan 2 diperoleh oleh UPTD SDN Batokorogan 1, dan juara harapan 3 diraih oleh UPTD SDN Mandung 1.

Sedangkan pada tingkat Guslah, berikut beberapa daftar lembaga sekolah yang berhasil keluar sebagai juara. Juara 1 diwilayah Guslah 1 diraih oleh UPTD SDN Tramok 2, juara 2 diraih oleh UPTD SDN Dupok 4, dan juara 3 diraih oleh UPTD SDN Dupok 1.

Adapun juara 1 ditingkat Guslah 2 diraih oleh UPTD SDN Katol Timur 1, juara 2 diraih oleh UPTD SDN Tramok 3, dan juara 3 diraih oleh UPTD SDN Lembung Gunung 1.

Dilanjut dengan juara 1 pada wilayah Guslah 3 diraih oleh UPTD SDN Durjan 1, juara 2 diraih oleh UPTD SDN Tlokoh 2, dan juara 3 diraih oleh UPTD SDN Tlokoh 1.

Kemudian di wilayah Guslah terakhir yaitu Guslah 4 juara 1 diraih oleh UPTD SDN Bandang Laok 1, jaura 2 diraih oleh UPTD SDN Mandung 3, dan juara 3 diraih oleh UPTD SDN Mano’an 1.

Pada lomba itu juga, selain tingkat Kecamatan dan Guslah, terdapat 1 kategori lagi, yaitu kategori sekolah favorit, dan lembaga sekolah yang berhasil mendapat predikat sebagi juara 1 diketgori tersebut, diraih oleh UPTD SDN Mandung 2, juara 2 diraih oleh UPTD SDN Dupok 3, dan jaura 3 diraih oleh UPTD SDN Tramok 1.

Kemudian juara favorit harapan 1 diarih oleh UPTD SDN Batokorogan 2, juara favorit harapan 2 diraih oleh UPTD SDN Lembung Gunung 2, dan juara favorit harapan 3 diraih oleh UPTD SDN Kokop 2.

Selain itu pada tanggal,12 Agustus 2024 yang lalu, tim penilaian dari pemerintah daerah kabupaten Bangkalan, menempatkan UPTD SDN Kokop 1 sebagai juara harapan 2 lomba kebersihan sekolah ditingkat Kabupaten.

Hasil penilaian lomba kebersihan Sekolah Dasar Negeri pada tahun 2024 ini sangat membanggakan. Karena, pada tahun ini kebersihan sekolah meningkat dengan signifikan, bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat perubahan kebersihan sekolah masing-masing.

“Jika tahun 2021-2023 perubahan berkisar 40%, 50%, hingga 60%, sedangkan pada tahun ini perubahan mencapai 87% sekolah bersih. Dan yang lebih membanggakan lagi adalah prestasi yang diraih oleh UPTD SDN Kokop 1 yang menjadi juara harapan 2 tingkat Kabupaten Bangkalan. Hal itu sangat membanggakan, karena Kecamatan kami berada di tengah-tengah pelosok desa”, tutur Sayadi membanggakan lembaga sekolah yang berada diwilayah kerjanya.

Sayadi berharap, kegiatan yang sudah terlaksana dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini bisa terus digelar dan titingkatkan. Selain itu ia juga menyampaikan membudayakan kebersihan sekolah merupakan kewajiban semua warga yang terkait didalamnya, yaitu kepala sekolah, guru, staf, dan termasuk juga para siswa.

“Maka ditingkat SD sangat penting untuk menyadarkan peserta didik dan warga sekolah lainnya untuk melek lingkungan, sehingga dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta menyenangkan. Karena hal tersebut akan berdampak pada peningkatan mutu dan kwalitas pendidikan di Kecamatan Kokop”, jelas Korwil Kokop. (fin).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *