Ada Peningkatan Kasus DBD, Pemdes Singolatren Lakukan Fogging

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Warga Dusun Pengastulan Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Jumat 23/8/2024 disibukkan dengan adanya kegiatan pengasapan (fogging) oleh Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh.

Sebagaimana disampaikan oleh Eko B (Kepala Dusun Pengastulan) kepada awak media. Kegiatan pengasapan (fogging) terpaksa harus dilakukan, sehubungan di Dusunnya beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus Demam Berdarah (DBD). Target fogging kata Eko, adalah tempat-tempat yang terindikasi jadi sarang jentik nyamuk, baik di dalam maupun luar rumah warga.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh juga berikan obat Abate kepada setiap warga. Tim Kesehatan Puskesmas pun terlihat sesekali memberikan pengarahan-pengarahan kepada warga. Terutama soal jaga kebersihan dan hindari adanya genangan-henangan air di sekitar rumah.

Berikut Eko selaku Kepala Dusun mengaku bahwa sudah melakukan upaya preventif kepada warganya.

“Padahal upaya kampanye penyuluhan ke masyarakat sudah maximal kami lakukan, baik lewat pengumuman melalui Corong Masjid, Pengajian Tahlil Muslimat, Tahlil laki-laki, Khotbah Jumat, dan di berbagai kesempatan. Agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan sekitar Rumahnya, apakah itu menguras jeding di kamar mandi secara rutin dam sebagainya. Tapi kesadaran masyarakat untuk itu masih minim banget, ya akhirnya seperti ini yang terjadi”, tutur Eko selaku Kepala Dusun.

Untuk itu, memastikan tiap rumah dan tempat lainnya tidak ada yang terlewati oleh kegiatan pengasapan (fogging). Eko dibantu oleh beberapa masyarakat kawal Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh blusukan. Sementara warga disarankan untuk mengenakan masker agar tidak terganggu oleh kepulan asap tebal warnah putih itu. (r35).

Pos terkait