Kepala Dinas Perkim Bersama Sekdakab Tulungagung Launching Perkim Expo 2024

Kabaroposisi.net | Tulungagung – Dalam Rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 79 serta Hari Perumahan Nasional , Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Tulungagung menggelar Perkim Expo 2024 yang digelar di Halaman GOR Lembu Peteng Tulungagung. Acara Launching tersebut dibuka langsung oleh Sekdakab Tulungagung Drs. Tri Hariadi M.Si bersama Kepala Dinas Perkim Anang Pratistianto S.T, M. Si serta beberapa pejabat Pemkab Tulungagung, Kamis (22/8/2024) malam hari.

Dalam acara Hari Perumahan Nasional 2024 dan HUT RI ke- 79 tersebut selain dihadiri Sekdakab dan Kepala Dinas Perkim Tulungagung juga dihadiri oleh Ketua DPRD Tulungagung, perwakilan dari polres Tulungagung, Kepala Balai pelestarian kebudayaan wilayah XI, kepala sekolah SMK Negeri 3 Boyolangu, SMK 1 Pagerwojo, Kepala OPD serta Forkompimda dan serta tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan nya Kepala Dinas Perkim Anang Pratistianto ST. M.Si. menyampaikan laporan kinerja pembangunan rumah layak huni, serta berharap agar semua masyarakat bisa mendapatkan hunian yang layak. Dengan mengambil tema “ Kerja bersama Tuntaskan Backlog Rumah ”.

” Harpenas ini di peringati sejak adanya program perumahan sehat yang di buka wapres RI pertama Drs. Mohammad Hatta, beliau juga menyampaikan bahwa cita cita pemerintah adalah menyediakan kebutuhan rumah bagi rakyat karena ini merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap mahkluk hidup. Oleh karena itu, agar dapat menuntaskan backlog rumah ini Dinas Perkim meminta keikutsertaan masyarakat dalam mengawal semua kegiatan dalam peningkatan hunian yang layak. ” ucap Anang Pratistianto.

Acara Perkim Expo ini di dukung oleh beberapa pengembang layak huni, mulai dari Perbankan, UMKM, Dinas Kesehatan, Dinas sosial , Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung serta puluhan peserta lain yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi pada masyarakat umum pentingnya hunian yang layak.

Sementara itu Sekdakab Tulungagung Tri Hariadi dalam sambutan nya menyampaikan,” Dalam memperingati Hari Perumahan Nasional tahun 2024 ini yang diperingati dalam bentuk Perkim Expo yang terdiri dari rangkaian kegiatan seperti pameran perumahan, lomba desain serta lomba fotografi yang bertema Rumah Khas Tulungagung yang bergaya Mataraman hal ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam melestarikan bangunan bersejarah.”

Tri Hariadi juga menyampaikan adanya kendala dalam hal ini meliputi Harga tanah, legalitas tanah, juga akses masyarakat terhadap pembiayaan rumah layak huni. Oleh karena itu kesadaran masyarakat sangat di perlukan juga kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengambang serta perbankan untuk menuntaskan backlog rumah layak.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XI Jawa Timur Endah Budi Heryani, S.S., M.M., juga memberikan berberapa saran tentang model desain perumahan yang alangkah lebih baiknya tidak meninggalkan corak motif kearifan lokal.

” Di indonesia ini kita mempunyai banyak sekali warisan cagar budaya dari beberapa kerajaan masa silam, banyak pula model desain rumah yang hampir punah, oleh karena itu dengan adanya Perkim Expo ini dengan di adakan lomba desain rumah alangkah baiknya jika kita tetap melestarikan cagar budaya, dengan membuat desain rumah yang modern tapi tidak meninggalkan corak motif kearifan lokal. ” ucap Endah.

Terjadinya backlog ini juga di pengaruhi oleh bertambahnya jumlah keluarga baru juga terus bertambah, juga jarak tempat kerja dengan rumah, serta rumah yang tersedia harganya tidak terjangkau oleh minat masyarakat menengah ke bawah, oleh karena itu pemerintah secara terus menerus melaksanakan berbagai kegiatan dan kebijakan.

Utamanya, bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan pengertian masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapatkan dukungan pemerintah.

Selain itu, bagi warga yang kurang mampu, pemerintah berupaya untuk membantu dan memberikan kesempatan kepada investor untuk membantu menyediakan perumahan dengan harga yang dapat dijangkau.

Dalam acara Launching Perkim Expo dan HUT RI ke 79 tersebut juga dimeriahkan oleh Oleh perwakilan siswa siswi SDN Kampungdalem 1 dan Perwakilan dari Dinas Perkim Tulungagung. (yd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *