Disdik Blora Gelar Lomba MAPSI Tingkat SD Diikuti 448 Peserta, Dukung Program SSN

Exif_JPEG_420

Kabaroposisi.net | Blora – Dalam rangka mendukung program Sekolah Sisan Ngaji (SSN) yang dicanangkan oleh Bupati Blora, Dr. H Arief Rohman, Disdik Blora gelar lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) tingkat Sekolah Dasar se -Kabupaten Blora, Sabtu (14/9/2024).

Bupati Arief Rohman membuka lomba yang digelar di aula SD Tempelan, Blora itu. Ikut mendampingi, Plt Kemenag Blora dan Dinas Pendidikan kabupaten Blora

Bacaan Lainnya

Disampaikan Ketua Panitia lomba, Kusni, cabang lomba yang diselenggarakan memiliki keterkaitan untuk mendukung program SSN. “Ada kaitanya dengan SSN, ada banyak hubungannya dengan SSN. Disini ada praktek sholat, iqomah, tilawah dan sebagainya,” paparnya.

Ia merinci bahwa, dalam lomba MAPSI SD ke -26 tahun 2024 ini, terdapat 3 cabang lomba pengetahuan pendidikan Agama Islam dan 8 cabang lomba seni Islami. sebanyak 488 peserta direncanakan akan mengikutinya.

“Untuk Lomba PAI ada tiga cabang, yaitu Lomba Pengetahuan PAI dan BTQ putra dan putri, lomba praktek sholat dan wudhu, lomba Adzan dan iqomah. Sementara untuk lomba seni Islami, meliputi seni kaligrafi, seni Khitobah, seni Tilawah, seni Hifdzil Qur’an, Mocopat Islami, seni keterampilan komputer, seni musik rebana duet religi.

Bupati Arief berharap lomba MAPSI kedepannya dapat menjadi ruang bagi para pelajar untuk mengembangkan diri khususnya dalam bidang keagamaan islam. ” Ke depan bisa dikembangkan lagi tidak hanya sebatas kompetisi, melainkan dapat menjadi ruang untuk meningkatkan kreativitas dan pengembangan SDM di bidang agama islam,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Blora itu memberikan apresiasi positif atas terlaksananya lomba MAPSI tingkat Kabupaten Blora secara rutin itu,

Menurutnya, lomba tersebut tentu akan bermanfaat sebagai sarana prasarana untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati dan mengamalkan nilai nilai agama islam. Termasuk menampilkannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari.

Sementara itu Dinas pendidikan Kabupaten Blora, Kepala Dinas Sunaryo melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Nuril Huda menyampaikan, ini kegiatan merupakan rutin yang mana menjadi ajang untuk anak-anak berkreasi, menampilkan kemampuan bidang seni dan agama serta Ini nyambung dengan program pemkab yaitu Sekolah Sisan Ngaji (SSN), ujarnya

” MAPSI yang nanti insya Allah bulan November dilombakan di Kudus, Kabupaten Blora bisa meningkatkan prestasinya diajang tersebut, Jadi SSN ini juga bisa mensupport atau menguatkan kegiatan-kegiatan MAPSI kita sehingga bisa berbicara di level provinsi,” ujarnya

Semua materi lomba diambil dari masing-masing Kecamatan dari juara-juara Kecamatan bertanding dan masing-masing materi punya satu perwakilan. (GaS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *