Warga Desa Kepuh Antusias Ikuti Parade Budaya HUT RI Ke 79

Kabaroposisi.net | Tulungagung – Minggu, (22/9/2024) Pemerintah Desa Kepuh Kecamatan Boyolangu Tulungagung menggelar Parade Budaya Nasional yang diikuti oleh ribuan warga masyarakat Desa Kepuh. Pawai Budaya tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Adapun acara tersebut digelar disepanjang jalan Desa Kepuh.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 2000 warga desa yang antusias berpartisipasi dalam parade yang penuh warna dan semangat nasionalisme. Pawai budaya ini dimulai pada pukul 12.00-22.00 WIB dengan rute yang melintasi jalan utama desa. Berbagai kelompok masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia serta ada yang memakai pakaian pada zaman perjuangan kemerdekaan. Selain itu peserta juga menampilkan tarian tradisional, musik serta atraksi budaya lainnya yang mencerminkan kekayaan budaya Bangsa.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Kepuh, Winarto melalui Ketua PHBN Agus menyampaikan bahwa acara ini sudah menjadi agenda rutin kegiatan Desa yang pelaksanaannya dua tahun sekali dan acara ini bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan warga desa serta menumbuhkan rasa cinta tanah air.

“Melalui pawai budaya ini, kita ingin menunjukkan bahwa Desa Kepuh memiliki kekayaan budaya yang luar biasa dan kita bangga menjadi bagian dari Indonesia,” ujar Agus.

Selain pawai budaya, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional seperti jaranan,reog, baris kreasi dan puluhan sound system. Tujuan pawai ini tidak hanya menghibur warga, tetapi juga mengingatkan mereka akan pentingnya menjaga dan melestarikan tradisi leluhur dan mengenang jasa para pahlawan bangsa. Para peserta pawai juga membawa berbagai atribut yang menggambarkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Beberapa di antaranya mengenakan kostum ala pahlawan pejuang nasional, suasana penuh keakraban dan semangat gotong-royong semakin menambah semaraknya acara. Ribuan masyarakat yang menyaksikan pawai ini tampak sangat gembira karena mereka merasa terhibur. Mereka berjejer di sepanjang jalan, memberikan semangat dan tepuk tangan kepada para peserta.

Acara Parade Budaya Nasional Desa Kepuh tahun 2024 kali ini dihadiri oleh Forkompindes Kepuh, Forkompincam Boyolangu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua warga desa yang ikut sebagai peserta pawai. Kepala Desa Kepuh, Winarto memberikan apresiasi dan acungan jempol kepada para peserta karnaval yang mengikuti kegiatan ini sehingga acara ini bisa terlaksana dan sukses. Tampak Winarto sesekali memberikan bantuan berupa uang kepada para peserta.

Acara Parade Budaya yang digelar sampai malam hari tersebut berjalan tertib aman dan tidak ada kendala apapun. Sehingga ribuan masyarakat sekitar yang melihat merasa terhibur dengan adanya Karnaval Parade Budaya tersebut. (yd)

Pos terkait