Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Rusak Rumah Warga & Tumbangkan Pepohonan

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Selasa Tanggal 24 September 2024, sekira pukul 14.30 Wib. Telah mengakibatkan pepohonan tumbang, porak porandakan Gudang Kandang Ayam, dan rusak beberapa atap rumah warga Desa Balak Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi.

Tak hanya itu, kabarnya tanaman-tanaman konsumsi/pertanian warga Desa Balak, tak luput dari amukan angin kencang. Sebagaimana disampaikan oleh Dedy Utomo Koordinator TAGANA Kabupaten Banyuwangi, atas laporan timnya di lapangan. Berhasil dihimpun informasi kejadian berikut data rumah warga yang jadi korban cuaca ekstrim tersebut.

Diantaranya warga atas nama Murtiyono (Bagong) Dusun Balak Kidul RT. 01 RW. 02. Dampak yang dialaminya terjadi kerusakan pada atap kanopi Gudang yang terbuat dari besi roboh, dan 1 unit Sepeda motor jenis Supra rusak. Perkiraan kerugian yang dialaminya sekira Rp.25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

Korban lain atas nama Suryani Dusun Balak Kidul, dampak yang dialami terjadi kerusakan pada atap rumah (genteng) dengan kerugian diperkirakan senilai Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah). Berikut atas nama Febri Dusun Balak Kidul RT. 02 RW. 02, dampak yang dialaminya terjadi kerusakan atap (asbes), Kandang Ayam di Dusun Balak Kidul RT. 01 RW. 04 dengan total kerugian kurang lebih Rp.5.000.000 (Lima Juta Rupiah)

Angin kencang juga sasar lembaga pendidikan MTs. Hidayatul Mubtadi’in (Himub) Dusun Balak Lor. Dampak yang dilaminya terjadi kerusakan atap gedung (Genteng) dengan perkiran kerugian seniai Rp. 3.000.000 (Tiga Juta Rupiah). Tanaman Jagung di area persawahan milik Warga di Dusun Balak Lor roboh perkiraan kerugian senilai Rp .700.000 (Tujuh Ratus Ribu Rupiah).

Dampak berikut dialami oleh atas nama Basri Dusun Balak Kidul RT. 04 RW. 04 alami kerusakan pada atap dapur rumah tertimpa Pohon tumbang. Dengan perkiraan kerugian yang dialaminya senilai Rp. 2.000.000 (Dua Juta Rupiah). Dan warga atas nama Siti Dusun Balak Lor RT. 02 RW. 01. Dampak yang dialaminya terjadi kerusakan pada atap dapur rumah alamatnya. Dengan perkiraan alami kerugian sebilai kurang lebih Rp .2.000.000 (Dua Juta Rupiah).

Dari semua kejadian tersebut kata Dedy Utomo, warga hanya mengalami kerugian materi yang totalnya jutaan rupiah tidak ada korban jiwa. Sementara bantuan yang diterimakan saat ini dari BPBD dan Tagana Kabupaten Banyuwangi, berupa terpal, tikar, dan bantuan makanan cepat saji. Selain itu masih dilakukan assasment terhadap kerugian lainnya oleh BPBD, Pemerintah Desa Balak dan TAGANA Kabupaten Banyuwangi. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *