Kunjungi Pembuatan Kain Batik Sepanjang 15 Meter, Rencanakan Festival Batik di Blora

Kabaroposisi.net | Blora – Ini yang dilakukan Arief Rohman di Hari Batik Nasional yang ke-15, Rabu (02/10/2024). Sosok yang merupakan calon Bupati Blora pada pilkada 2024 itu, mengunjungi perajin Batik di Kelurahan Beran, Kecamatan Blora Kota, yang tengah memproses pembuatan kain batik sepanjang 15 Meter, Rabu (02/10/2024).

Ia mengapresiasi kegiatan para perajin yang menciptakan kain batik sepanjang 15 Meter itu. “Selamat Hari Batik Nasional. Apresiasi untuk para pembatik Blora yang terus berinovasi sehingga batik Blora sudah naik kelas,” ungkap Arief Rohman.

Bacaan Lainnya

Disampaikan Nimas Barokah Yanik Mariana, salah satu perajin batik, pembuatan kain batik sepanjang 15 Meter itu adalah bentuk eksistensi dan kecintaan mereka terhadap warisan budaya Indonesia.

“Ini dalam rangka Hari Batik Nasional. Kami ingin membatik sepanjang 15 meter untuk merayakan hari batik yang ke-15 sejak ditetapkannya oleh UNESCO pada tahun 2009,” ungkap Yanik.

Sebanyak 15 perajin berkolaborasi menggunakan berbagai teknik, termasuk batik tulis, cap, dan kontemporer. Dikatakan, kegiatan tersebut tidak hanya menghasilkan karya seni, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar perajin. “Ini melibatkan sekitar 15 orang, dengan motif batik tulis, batik cap, dan kontemporer,” tambahnya.

Yanik berharap batik Blora dapat terus dilestarikan dan dikenal oleh generasi mendatang. ” Batik Blora harus tetap dilestarikan sampai kapanpun, agar anak cucu kita juga mengenal dan mencintainya.”

Terhadap geliat batik di Blora, Arief Rohman menekankan pentingnya dukungan pemerintah terhadap UMKM untuk meningkatkan nilai ekonomi para perajin batik.

” Semoga keberpihakan kita untuk UMKM dapat meningkatkan ekonomi para pembatik dan melestarikan kekayaan budaya kita,” jelasnya.

Di masa mendatang, demikian Arief, Pemerintah Kabupaten Blora dapat menggelar festival batik dan lomba desain batik. ”Kedepan, kita ingin mengadakan festival batik dan lomba desain batik. Kita juga akan memperkenalkan batik Blora di Jakarta dan kota-kota besar lainnya,” pungkasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *