Dalam Rangka Penyusunan RKPDes 2025 dan DU-RKPDes 2026, Pemdes Singolatren Gelar Musrenbangdes

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pemerintah Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Senin 7/10/2024, gelar Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2025 dan Daftar Usulan RKPDes tahun 2026.

Musrenbangdes yang angkat tema “Penguatan Ekosistem Kualitas Sumberdaya Manusia, Yang Mendukung Tranformasi Ekonomi Yang Berkelanjutan” itu. Menghadirkan Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto, Kasie PMK Singojuruh Atim Suharyono, Babinsa dan Bhabinkamtimas Singolatren.

Bacaan Lainnya

Sementara peserta Musren melibatkan semua perangkat Desa, BPD, LPMD, HIPPA, HIPAM, PKK/Kader Pos Yandu, Insan Pendidikan, RT/RW, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. Sebelum masuk acara inti dilakukan penyerahan santunan kepada anak yatim dilanjut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Mewakili Sekdes, Abidin menyampaikan laporan atas nama Panitia Penyelenggara Musrenbangdes. Diantaranya adalah soal dasar hukum dilaksanakannya Musren, sumber anggaran, siapa saja yang dilibatkan dalam Musren, dan bidang-bidang yang jadi pembahasan dalam Musrenbangdes. Bidang-bidang yang akan dibahas dalam Musrenbangdes diantaranya bidang Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Fispra, dan Gabungan.

Apandi selaku Kepala Desa menyampaikan beberapa hal terkait program pembangunan yang sudah realisasi dan dilaksanakan. Juga beberapa program pembangunan yang akan dilaksanakan. Secara transfaran disebutkan kegiatan pembangunan fisik yang sumber anggarannya dari Pokir anggota DPRD Banyuwangi. Yang mana menurut Apandi ada beberapa kegiatan yang tidak terkafer oleh ADD/DD. Sehingga Pemerintah Desa cari terobosan bangun komunikasi dengan anggota dewan.

Pada kesempatan tersebut Apandi juga akan lebih meningkatkan support anggaran untuk kegiatan kearifan lokal. Terutama yang menyangkut budaya dan punya-punya nilai sejarah.

Terlebih kegiatan-kegiatan memperingati hari-hari besar keagamaan yang mengedukasi positif pada masyarakat. Disebutkan diantaranya kegiatan rutinitas Kupat Sewu Dusun Wijenan Lor, Nguri-Nguri Buyut Singoniti Dusun Krajan, dan yang akan dirintis baru adalah festival Jenang Suro di Dusun Wijenan Kidul.

Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto apresiasi terhadap upaya-upaya Kepala Desa Singolatren. Yang memaksimalkan pembangunan di desanya tidak hanya bergantung pada ADD/DD saja. Akan tetapi berusaha memenuhi kebutuhan fasilitas umum untuk masyarakat dengan cari terobosan melalui anggota dewan.

Plt. Camat berpesan, agar apa yang akan dibahas dan diusulkan dalam Musrenbangdes. Tidak karena untuk memenuhi keinginan akan tetapi harus dilihat dari sudut pandang seperti apa kebutuhannya. Dengan demikian apa yang diusulkan ketika realisasi benar-benar bisa dirasakan hasilnya.

Plt. Camat juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Singolatren. Atas kerjasamanya sehingga Pemerintah Kabupaten Banyuwangi banyak menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *