Panwascam Singojuruh Ketat, Selektif dan Hati-Hati Dalam Rekruetmen PTPS

Kabaroposisi.net.|Banyuwangi – Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur dan Pilkada Bupati/Wakil Bupati tinggal menghitung hari pelaksanaannya. Dalam rangka itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi. Laksanakan tahapan wawancara kepada calon Pengawas Tempat Pemilihan Suara (PTPS) secara serentak dimasing – masing Kecamatan.

Hal itu dilakukan sesuai dengan tahapan penerimaan calon PTPS di wilayah Kecamatan masing masing. Proses wawancara dilakukan oleh Pengawas tingkat Kecamatan (Panwascam), seperti terpantau awak media yang dilakukan oleh Panwascam Singojuruh. (15/10/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua Panwascam Singojuruh Abdul Konik saat diikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa wawancara dilakukan secara bertahap dari 11 Desa yang ada di wilayahnya.

“Hari ini tahapan wawancara yang ketiga hari, kita lakukan dari tiga Desa disetiap harinya, Tahapan wawancara di Singojuruh dilaksanakan hingga hari Rabu,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan kata Konik, agar tahapan wawancara bisa maksimal dan tidak salah dalam memilih PTPS. Oleh karena itu menurutnya, tahapan perekrutan PTPS ini harus diperketat dan benar-benar selektif.

“Di Singojuruh kita lakukan secara selektif, saya gak mau salah pilih PTPS, karena PTPS adalah ujung tombak dari pengawasan di hari pemungutan suara. Sekecil apapun dugaan pelanggaran yang terjadi dan ditemukan, maka PTPS harus jeli dalam melihat situasi temuan dilapangan,” paparnya.

Sementara di hari pertama tes wawancara tersebut masih dilakukan kepada sekitar 40 calon PTPS dari 3 (tiga) Desa. Kebutuhan PTPS untuk wilayah Kecamatan Singojuruh sebanyak 80 orang, dari sebanyak 160 peserta akan mengikuti tes wawancara.

Adapun calon PTPS yang tidak lolos administrasi yakni dikarenakan masuk dalam Sipol serta masih di bawah usia 21 tahun.

“Kemarin sudah pengumuman calon PTPS yang lolos administrasi, dan sekarang tahapan wawancara hingga tanggal 22 Oktober dibarengi dengan tanggapan masyarakat hingga 2 November”, pungkasnya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *