Polres Magetan Gelar Operasi Zebra Semeru 2024, Fokus Edukasi dan Penegakan Hukum untuk Tingkatkan Kamseltibcarlantas

Kabaroposisi.net | Magetan – Polres Magetan mulai menggelar Operasi Zebra Semeru 2024 yang berlangsung selama 14 hari, dimulai pada 14 hingga 27 Oktober 2024. Sebelum pelaksanaan operasi, kegiatan diawali dengan latihan pra operasi (lat pra ops) dan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana SH SIK MT MIK.

Operasi ini mengusung tema “Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Jelang Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih pada Pemilu 2024” dan melibatkan 3.469 personel gabungan dari Polda Jatim dan jajaran Satwil se-Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Operasi Zebra Semeru 2024 akan difokuskan pada berbagai lokasi rawan kecelakaan (black spot), kemacetan (trouble spot), dan pelanggaran lalu lintas di wilayah Jawa Timur, termasuk di ruas jalan tol, jalan arteri, serta lokasi lain yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Data Ditlantas Polda Jatim menunjukkan angka kecelakaan lalu lintas tahun 2024 mengalami penurunan 12,6 persen dibandingkan tahun 2023. Meski demikian, angka fatalitas korban meninggal dunia masih tinggi, mencapai 3.570 jiwa.

Dalam pelaksanaannya, Operasi Zebra Semeru akan dibagi menjadi dua periode. Pada minggu pertama, fokus utama adalah kegiatan preemtif dan preventif, di mana edukasi kepada masyarakat dan upaya pencegahan pelanggaran akan dikedepankan.

Sementara pada minggu kedua, akan dilakukan kegiatan represif berupa penerapan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dan tilang manual secara hunting, khususnya untuk pelanggaran yang berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan.

Kapolres Magetan AKBP Satria Permana SH SIK MT MIK menyampaikan, “Kami berharap pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024 ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama kaum milenial, agar lebih tertib dalam berlalu lintas. Tindakan preemtif dan preventif akan menjadi prioritas, didukung oleh penegakan hukum lalu lintas yang simpatik dan humanis.”

Kapolres juga menambahkan, “Mari bersama-sama mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman untuk mewujudkan Magetan ramah lalu lintas.”

Sebagai bagian dari arahan Kapolres, seluruh anggota diminta untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan menjadikan pelaksanaan tugas sebagai ladang amal ibadah. Anggota juga diingatkan untuk mengedepankan langkah-langkah humanis, menerapkan sistem buddy, serta selalu berpedoman pada SOP (Standard Operating Procedure) agar dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai harapan masyarakat.

Selain itu, Kapolres Magetan mengingatkan anggotanya untuk menghindari tindakan atau perilaku yang dapat menimbulkan hal-hal kontraproduktif terhadap citra Polri. Optimalisasi manajemen media juga menjadi penekanan, guna meningkatkan citra positif Polri di tengah masyarakat dan membangun kepercayaan publik yang lebih baik. (humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *