Sosialisasi dan Praktik Pemanfaatan Limbah Plastik, Oleh Tim PKM Dosen Jurusan Teknik Sipil Poliwangi

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pada 10 Oktober 2024 – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banyuwangi berhasil melaksanakan kegiatan sosialisasi dan praktik pemanfaatan limbah plastik menjadi eco paving block yang berkualitas mutu sedang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan infrastruktur jalan lingkungan sekaligus pemberdayaan masyarakat di Desa Grogol, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, serta mendukung daya tarik wisata Goa Sodong.

Bacaan Lainnya

Kegiatan sosialisasi berlangsung sedari tanggal 26 September hingga 10 Oktober 2024 yang diinisiasi oleh Dosen-Dosen dari Program Studi D3 Teknik Sipil dan Program Studi S1-Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banyuwangi.

Tim pengabdian ini dipimpin oleh Ir. Wahyu Naris Wari, S.T., M.T., dengan anggota Ir. Dadang Dwi Pranowo, S.T., M.Eng., Rahayu Pradita, S.ST., M.T., dan Eva Olivia Hutasoit, S.T., M.T., serta melibatkan mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil. Kegiatan ini juga didukung oleh Mitra Pengelola Wisata Goa Sodong.

Rangkaian sosialisasi dan kegiatan praktik ini terdiri dari tiga program utama : 1). Pemaparan Sosialisasi : Tim memberikan materi proses pembuatan material eco-paving dari sampah plastik.Hal ini diharapkan menjadi solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah plastik sekaligus menarik wisatawan ke Goa Sodong. 2). Praktik pembuatan eco-paving block : Setelah sosialisasi, masyarakat dan pelajar mendapat pelatihan langsung pembuatan eco-paving block. Proses ini tidak hanya membantu mengurangi sampah plastik, tetapi juga menciptakan produk yang dapat digunakan sebagai material pengerasan jalan. 3). Pemasangan eco-paving block : Pemasangan eco-paving block yang diproduksi pada jalur wisata menuju Goa Sodong akan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan dan meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat setempat dapat memanfaatkan sampah plastik dengan lebih produktif, sekaligus meningkatkan potensi wisata Goa Sodong sebagai destinasi wisata yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, perluasan infrastruktur yang dilaksanakan juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan dari sektor pariwisata desa Grogol.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata kontribusi Politeknik Negeri Banyuwangi terhadap perpaduan pendidikan, inovasi dan pengabdian kepada masyarakat, serta merupakan langkah berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan perekonomian lokal melalui solusi ramah lingkungan. (r35).

Sumber info :
Ir. Wahyu Natis Wari, S.T., M.T

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *