Pemdes Singojuruh Manjakan Warganya Gelar Pentas Seni

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Lapangan RTH Singojuruh Banyuwangi Sabtu malam Minggu 21/12/2019 diramaikan dengan pagelaran seni tradisional. Pentas seni spektakuler tersebut dengan tajuk “Bahana Musik Singomanjuruh”, adalah persembahan Pemerintah Desa kolaborasi dengan pemuda Karang Taruna dan Lembaga Kesenian Pemuda Desa ( LKPD ) Singojuruh.

Pentas seni dengan tema “Bahan Muaik Singomanjuruh”, sengaja diangkat mengisahkan jaman dahulu bahwa di Singojuruh pernah terjadi pageblug yaitu suatu musibah besar menimpa. Yang mana banyak masyarakat meninggal dengan tiba – tiba/mendadak. Yang akhirnya tokoh adat Singojuruh di masanya berkumpul untuk melakukan ritual menanggulangi musibah pageblug tersebut.

Sebagaimana diampaikan oleh Sekdes Singojuruh Habiby pada pemberitaan sebelumnya. Bahwa pentas seni tersebut bertujuan untuk nguri nguri budaya yang hampir punah tergerus jaman. Selain itu dimaksutkan bisa meningkatkan kearifan lokal, meningkatkan UMKM. Dan menumbuhkembangkan bakat serta talenta yang dimiliki oleh seniman – seniman muda Singojuruh. Pagelaran seni kali ini disutradari oleh seniman muda Singojuruh bernama Adlin Mustika.

Sementara Kades Singojuruh Suharto menyampaikan bahwa ini adalah sebuah kejutan, dan mengaku akan di selenggarakan setiap tahunya untuk tradisi seni dengan tema berbeda lagi,

“Jujur saya merasa kaget sekaligus bahagia melihat pagelaran sekelas kabupaten ini, saya tidak menyangka akan semegah ini. Padahal hanya acara desa, di awal jabatan saya dan banyaknya permasalahan silih berganti saya merasa sedikit refres otak. Ini harus di adakan setiap tahun untuk refresing dan juga sebagai tradisi Singojuruh di akhir tahun, dan berharap bisa masuk dalam Banyuwangi Festival,” ungkap Kades Suharto dalam sambutanya di atas panggung megah itu.

Berikut Kades Suharto pada kesmpatan tersebut singgung soal program ke depan. Dikatakan bahwa tahun ini program Singojuruh lebih fokus untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat,

“Pada tahun ini program Singojuruh lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat, dan pemuda apapun bentuk pemberdayaanya selagi positif akan saya dukung”, tambahnya. (rh35)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *