Warga Blumbang Singolatren Girang, Jalan Menuju Tempat Pemakaman Nyaman

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Warga Dusun Blumbang Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Yang sebelumnya ketika ada Kifayah antar jenazah ke tempat pemakaman, susah karena jalan yang dilalui tidak nyaman. Selain sempit diapit oleh persawahan kanan kiri, yang ketika tidak hati – hati bisa terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Sekarang kondisi seperti yang diurai sebelumnya, tidak ada lagi karena Pemerintah Desa Singolatren perbaiki jalan menuju tempat pemakaman tersebut. Pemerintah Desa pada Tahun Anggaran 2019 alokasikan Dana Desa ( DD ) senilai Rp. 61.678.000 untuk perbaikan jalan menuju tempat pemakaman Dusun Blumbang kurang lebih sepanjang 500 m itu. Pantauan media warga sangat antusian sekali dalam pengerjaan perbaikan jalan menuju tempat pemakaman umum tersebut.

Jalan lebar sekira 2 m dan sepanjang kurang lebih 500 m tersebut dilakukan pengecoran. Karena memang yang mengerjakan adalah warga Dusun Blumbang maka pengecoran pun tidak asal – asalan. Dan dalam pengerjaan proyek yang bersumber dari Dana Desa ( DD ), Pemerintah Desa terapkan Padat Karya Tunai ( PKT ). Yang mana diketahui bahwa Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

” Alhamdulillah … Pemerintah Desa tahun ini bisa alokasikan dana untuk perbaikan jalan menuju tempat pemakaman di Dusun Blumbang. Dan untuk pengerjaan proyek ini sepenuhnya kami percayakan kepada warga menindak lanjuti program Pemerintah Pusat yaitu Padat Karya Tunai. Bahkan kami sebelumnya setiap ada proyek desa mengutamakan pemberdayaan warga dusun di sekitar lokasi proyek. Kecuali warga setempat tidak ada yang bersedia dipekerjakan karena ada kesibukan lain, kami cari pekerja dari dusun lain tapi masih dalam lingkup penduduk desa Singolatren. Harapan saya setidaknya dengan PKT ini sedikit membantu penghasilan bagi warga saya “, tutur Kades Singolatren Apandi saat ditemui di lokasi proyek Sabtu 28/12/2019.

Sementara salah satu tokoh warga Dusun Blumbang bernama Sulamto mengaku sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Apandi yang telah memenuhi permintaan warga Dusun Blumbang untuk perbaikan jalan menuju Makam.

” Atas nama warga Blumbang saya sangat berterima kasih kepada Pak Kades Apandi mas, karena dengan diperbaikinya jalan ini jelas warga sangat senang. Dulu saya dan juga warga setiap ada orang meninggal yang jadi beban pikiran kami ketika antar jenazah ke makam mas. Pertama karena sempit dan diapit sawa kanan kiri kalau tidak hati – hati bis kejebur sawah dan itu pernah terjadi mas. Alhamdulillah sekarang insyaallah kejadian itu tidak akan ada lagi, karena jalannya sudah dicor dan cukup ukuran lebar jalannya “, ungkap Sulamto. (rh35).

Pos terkait