MERAKIT HARAPAN MENUJU DESA GLINGGANGAN LEBIH SEJAHTERA

Warga menanam pohon

Pacitan Kabaroposisi.net, _  Kepala Desa Glinggangan kecamatan Pringkuku kabupaten Pacitan yang akan dilantik hari Senin 6 Januari 2020 benar benar menjadi momentum Kepala Desa.

Kades Glinggangan akan menunjukan kiprahnya dan janji yang diberikan kepada masyarakat saat awal kampanye pencalonan.

Wahono Kades terpilih Deaa Glinggangan

Dia adalah Wahano Kepala Desa terpilih yang melakukan reboisasi dan mengajak masyarakat untuk menanam tanaman konservasi dibukit bukit yang gersang dengan membagikan 1500 pohon trembesi dan menanam bersama sama warga, dengan harapan kelak tanaman trembesi itu bisa menahan erosi, dan penyelamatan sumber mata air yang berkurang, mengingat ditahun 2019 lalu ada beberapa dusun yang kekurangan air bersih.

Selain bibit trembesi Wahono, juga mengajak masyarakat untuk menanam sengon laut sebanyak 6000 bibit yang diberikan secara gratis kepada masyarakat untuk ditanam, pada saat musim penghujan kali ini.

“Bibit itu saya berikan secara gratis guna menggugah kembali masyarakat agar sadar akan penghijuan kembali karena bahwasanya sumber alam sangat penting sekali untuk kehidupan, syukur syukur masyarakat bisa menerapkan sistem tumbang satu akan tanam sepuluh”, ungkap Wahono sembari tersenyum.

Selain tentang penghijauan, Wahono Kepala Desa Glinggangan akan berusaha mengayomi dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati, akan lebih bersinergi dan bekerja sama dengan perangkat desa untuk mengoptimalkan terhadap masyarakat agar terwujud masyarakat yang sejahtera.

Sesuai dengan konsep awal, masyarakat Glinggangan bisa handar beni terhadap desanya sehingga semua persoalan ataupun bisa diselesaikan dengan cara musyawarah.

Karena Wahono menyadari sepenuhnya tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa ada campur tangan dari berbagai pihak. Bahkan Wahono mempunyai gagasan akan mendirikan BUMDES guna menambah PAD desa agar kesejahteraan desa meningkat.

Dibidang pendidikan Wahono akan berusaha bersinergi dengan dinas terkait untuk memberikan penyuluhan kepada warganya agar mereka sadar pendidikan, artinya agar para orang tua menyekolahkan anaknya sampai jenjang yang lebih tinggi dan mengesampingkan pernikahan dini kalau tidak benar benar terpaksa.

Mengingat sebagaian besar warga masyarakat desa Glinggangan hidup dari hasil pertanian, peternakan juga perikanan maka ketiga bidang akan benar benar diperhatikan oleh Wahono pada saat kinerjanya nanti. karena akan di jadikan produk unggulan desa untuk menompang perekonomian warga masyarakat desa Glinggangan sesuai pemetaan wilayah masing masing dengan cara meningkatkan kewirausahaan yang berbasis pertanian, perikanan, peternakan yang akan berusaha bekerja sama dengan pihak ketiga dan juga akan memanfaatkan program-program pemerintahan, Kabupaten, Provinsi maupun pusat dengan dinas yang membidangi tiga bidang tersebut.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Glinggangan.
selain itu dibidang kesehatan, di awal masa jabatan Wahono juga akan bersosialisasi tentang sarana kesehatan bersama dinas terkait dan juga kader-kader desa Glinggangan kepada masyarakat agar tercapai lima pilar STBM ( sanitasi total berbasis masyarakat ) antara lain stop BABS (buang air besar sembarangan), CTPS (cuci tangan pakai sabun) penyediaan air minum rumah tangga, pengelolahan sampah rumah tangga dan pengelolahan limbah rumah tangga.

Harapanya agar masyarakat, sadar bahwa bawasannya sehat itu mahal dan si miskin tidak boleh sakit.

“Dengan ajangsana bersosialisai kepada masyarakat saya yakin untuk kesadaran akan tumbuh sehingga terwujudlah masyarakat yang sejahtera, adem, ayem, lohjinawi,”kelakar Wahono.

Dan yang lebih penting lagi Wahono akan melakukan penggalian gagasan dari tingkat bawah untuk penyusunan RPJM des, untuk mengakomodasikan kebutuhan, keinginan warga dalam pembangunan desa kedepan. Itu dilakukan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam membangun desa. (sus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *