DPD AWASI Banyuwangi Telah Resmi Dikukuhkan

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Acara Silaturrahmi DPD dengan DPP AWASI (Aliansi Wartawan Seluruh Indonesia angkat tema “Dialog Interaktif Dan Leterasi Pers 2020”. Yang digelar di Resto Gajah Mada Penataban Kabupaten Banyuwangi Minggu 12/01/2020. Dihadiri langgsung oleh Ketua DPP Mohammad Hasan, SH.,MH dan Sekjen AWASI Mohammad Nasrullah.

Hadirnya para petinggi DPP AWASI ke Banyuwangi tidak ujuk – ujuk begitu saja. Namun jauh – jauh sebelumnya diawali dengan adanya keinginan beberapa Jurnalis yang menginkan kehadiran AWASI di Banyuwangi. Setelah melalui proses yang panjang terbentuklah Pengurus AWASI di Banyuwangi yang selanjutnya disebutlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Banyuwangi yang memposisikan Lamseng Saragih selaku Ketuanya.

Dan akhirnya pada hari serta tanggal yang sama Resto Gajah Mada Penataban Banyuwangi jadi saksi bisu dikukuhkannya Pengurus DPD AWASI Kabupaten Banyuwangi oleh DPP yaitu oleh Ketua DPP AWASI Mohammad Hasan dan Sekjen AWASI Mohammad Nasrullah. Yang mana pengukuhan ditandai dengan penyerahan SK oleh Ketua DPP AWASI kepada Ketua DPD AWASI Banyuwangi Lamseng Saragih, penyerahan AD/ART organisasi oleh Sekjen AWASI kepada Wakil Selertaris DPD AWASI Banyuwangi dan penyerahan KTA secara simbolis kepada 2 orang anggota AWASI.

Sebelum prosesi pengukuhan Pengurus DPD, forum gelar dialog interaktif yang diawali dengan sambutan oleh Ketua DPP AWASI Mohammad Hasan, SH.,MH. Disampaikannya AWASI menekankan bahwa wartawan yang tergabung dalam AWASI harus profesional. Dan untuk menuju pada profesioalisme tersebut disarankan agar mengikuti pelatihan – pelatihan atau uji kompetensi tentang kejurnalistikan. Kedepankan kode etik dalam setiap tugas profesi di lapangan. Yang menarik penyampaian Mohammad Hasan bahwa AWASI memproteksi wartawan yang tergabung dalam AWASI.

Diharapkan juga agar wartawan tidak terlibat dalam kegiatan Politik praktis. Tugas wartawan sesungguhnya adalah mulya. Karena dengan adanya berita karya wartawan yang tidak tahu menjadi tahu, berita karya wartawan mengedukasi publik, ada juga yang menghibur. Bahkan bisa dibilang berita karya wartawan sebagai ayat yang harus disampaikan kepada masyarakat.

Sementara menurut Lamseng Saragih dalam waktu dekat kondisi sudah memungkinkan, akan dilakukan deklarasi dengan harapan keberadaan AWASI diketahui oleh khalayak di Banyuwangi. Ketika dikonfirmasi program prioritas Lamseng Saragih menyampaikan, “Program kerja pertama DPD AWASI Banyuwangi akan gelar Diklat Wartawan dan UKW (Uji Kompetensi Wartawan)”, jelasnya. (ktb/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *