Pacitan Terima Penghargaan Aktif Bencana 2019

Pacitan kabaroposisi.net, _ Manajemen Kebencanaan Baik Kabupaten Pacitan Raih Penghargaan, sebagai daerah dengan tingkat resiko bencana tinggi.

Kabupaten Pacitan terbukti memiliki kesiapsiagaan. Tidak hanya saat kejadian bencana alam tapi juga penanganan pasca terjadi bencana. Tidak hanya itu, Kabupaten yang berbatasan langsung dengan samudera Indonesia ini terbukti berhasil memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui mitigasi kebencanaan.

Atas upaya tersebut Kabupaten Pacitan mendapat Anugerah Bidang Kebencanaan Tahun 2020 langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penghargaan ini diberikan atas Partisipasi Aktif Kabupaten Pacitan dalam Penanggulangan Bencana tahun 2019.
Induk lembaga penanggulangan kebencanaan itu menilai Kabupaten Pacitan memiliki manajemen kebencanaan yang baik.

Tidak hanya itu, pemkab melalui BPBD sangat mendukung serta merespon cepat terhadap program-program BNPB. Seperti program mitigasi bencana, kedaruratan, rehabilitasi serta rekonstruksi.

“Intinya, BNPB sangat mengapresiasi kegiatan mitigasi yang dilaksanakan mandiri oleh BPBD”, kata bupati Indartato usai menerima Penghargaan di Jakarta, Selasa (04/02/20)

Lebih lanjut Bupati Indartato menyampaikan apresiasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, semua pemangku kebijakan serta masyarakat atas kesadaran menyikapi potensi bencana di Pacitan.

Tanpa ada kerjasama semua pihak, penanganan bencana akan terasa berat.
Sebagai daerah pegunungan serta berbatasan dengan samudra luas, kabupaten berjuluk Paradise of Java ini memiliki resiko bencana cukup besar. Tidak hanya banjir, tanah longsor atau kekeringan Kabupaten Pacitan memiliki potensi bencana lain yang wajib diwaspadai.

Seperti Tsunami, gempa,angin puting beliung, kebakaran hutan, abrasi dan lain sebagainya. Selain Kabupaten Pacitan penghargaan serupa juga diberikan kepada Kabupaten Cilacap. (sus)

 

#kitajagaalam alam jaga kita
#bencana alam urusan bersama

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *