MUSRENBANG DALAM RANGKA PENYUSUNAN RKPD TAHUN 2021 KEC. KAWEDANAN KAB. MAGETAN


Magetan Kabaroposisi.net, – (17/02/20) Berlokasi di balai Desa Selorejo Kec. Kawedanan Kab. Magetan melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021 kec. Kawedanan Kab. Magetan yang dihadiri oleh 200 orang.

Turut hadir Bupati Magetan Bp Dr. Drs Suparwoto SH. M.Si, Ketua DRPD Kab. Magetan Bpk. Sujatno SE, Forkompimca kec Kawedanan, Camat Kawedanan Samsi hidayat S.Sos M.Si, Danramil 10 Kawedanan Kapt CAJ Jemani, Kapolsek Kawedanan AKP Sukono SH, Kepala KUA Kec. Kawedanan H. M. Anwar S.Ag, serta seluruh Kepala Desa sejajaran kec. Kawedanan.

Rombongan Muspida berdialog dengan peserta rapat

Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari UU No 25 Tahun 2014 dan UU No 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Hal ini diatur juga dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa Forum Perangkat Daerah dan Forum Musrenbang RKPD adalah media memperoleh masukan guna melengkapi dan menyempurnakan Rencana RKPD.

DPRD mengadakan reses dimulai 23 s.d 27 Pebruari 2020 untuk menampung keluhan Masyarakat kab. Magetan sebagi acuan perbaikan dan prioritas pembangunan baik fisik maupun non fisik di kab. Magetan.

Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto SH,M.Si mengungkapakan, “Giat Musrenbang ini merupakan giat rutin tahunan tetapi jangan digunakan sebagi giat rutin saja, ini merupakan mekanisme penentuan arah pembangunan kedepan”, tegas Bupati.

Masyarakat kab magetan berfikir bahwa Musrenbang ini dijadikan hal biasa, tapi sebenarnya pembangunan kedepan sangat tergantung pada giat Musrenbang pagi ini, musrenbang adalah nyawa dari arah pembangunan satu tahun kedepan.

Bupati juga melihat produk produk Bumdes

Penyusunan RPJMD Kabupaten magetan dengan anggaran yang paling kecil yaitu 1,9 Triliun, dan 20 % untuk pendidikan, 10 % untuk kesehatan,25 % untuk Insfrakstruktur.

Politik anggaran kita mendahulukan kepentingan masyarakat terlebih dulu,harapannya agar perekonomian bertambah maju.kita sudah mendapatkan payung hukum tentang Peraturan Presiden untuk percepatan pembangunan untuk memperkuat dimagetan.

Pada saat kepemimpinan Pak Harto pembangunan bangsa ini dilaksanakan dengan sistim. Trilogi pembangunan yaitu Kestabilan politik, Kestabilan ekonomi, Kestabilan Pembangunan.

Saat pemerintahan pak Harto semua perekonomian terpusat di Jakarta oleh karena itu beliau berfikir jika seluruh perekonomian ada di jakarta maka keuangan akn terpusat di Jakarta dan ini tidak bisa, maka saat itu pemetintah melaksanakan trobosan dengan pembangunan ekonomi di pedesaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa dengan cara mempermudah /memotong siklus perputaran ekonomi di pedesaan.

Saat ini telah dilaksanakan Sensus Penduduk secara Online, ini bisa lewat komputer maupun lewat hp. Kita harus mendukung hal ini karena untuk mengetahui pertumbuhan penduduk yang sangat pesat sebagai kontrol

Kita kembangkan agro bisnis karena masyarakat magetan banyak melahirkan karya karya yg bisa dijadikan sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat kab. Magetan.

Musrenbang sangat diperlukan adanya koordinasi yang lebih intensif dari berbagai strata pemerintahan dan juga berbagai pihak terkait melalui Forum Perangkat Daerah dan Musrenbangcam RKPD Tahun 2021. (pri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *