Banjir Lagi,.. Air Sungai Meluap ke Rumah Warga, Wongsorejo Banyuwangi

Kabaroposisi.net. (Banyuwangi) – Banjir kembali terjadi, akibat hujan intensitas tinggi, badan sungai/Curah Makraman di Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, tak sanggup menampung air hujan akhirnya meluap ke perkampungan dan persawahan.

Informasi diterima, hujan deras terjadi sejak pukul 12.30 WIB merata di seluruh Desa Kecamatan Wongsorejo, yang salah satu diantaranya di Dusun Kebunrejo RT 1,2 dan 3 RW 3 Desa Alasrejo. Luapan air hujan dari Curah/Sungai Kramasan Wongsorejo membanjiri sekitar 50 rumah warga, 20 hektar persawahan dan 3 jembatan mengalami ambrol.

Tak hanya itu, 8 unit sepeda motor hanyut ikut terbawa arus. Namun untuk Korban jiwa NIHIL.

Eka Muharam Suryadi, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, saat dikonfirmasi via WhatsApp kepada awak media menyampaikan, bahwa banjir di Alasrejo dengan luasan terdampak dan ketinggian air seperti terjadi kemarin baru berdasarkan catatan BPBD baru pertama kali terjadi.

“Faktor penyebabnya selain curah hujan tinggi, juga karena semakin luasnya keterbukaan lahan di hulu sehingga area resapan air hujan sangat berkurang. Sehingga volume air yang mengalir melalui curah/sungai meningkat tidak tertampung oleh badan sungai,” Tuturnya.

Lanjut kata Eka Muharam Suryadi, “sehingga air melimpas ke daratan. Banjir juga dipicu rendahnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan sungai, banyak sekali material sampah pada aliran sungai yang menghambat dan menyumbat aliran air,” Ungkapnya.

Eka Muharam Suryadi, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, juga menghimbau, agar masyarakat berpartisipasi menjaga aliran sungai agar tetap bisa mengalirkan air secara normal dengan tidak membuang sampah terlebih limbah pertanian ke sungai.” himbaunya. (Ktb)

Pos terkait