WK. DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH, Minta Dinas Pendidikan Segera Atasi Kekosongan Kepala Sekolah

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Peduli akan kelangsungan dan kemajuan pendidikan di Kabupaten Banyuwangi, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH menyayangkan beberapa Sekolah di Kabupaten Banyuwangi tidak ada Kepala Sekolahnya. Terlebih kata Michael, terjadi kekosongan Kepala Sekolah pada jenjang Sekolah Dasar (SD), yang mana menurutnya jenjang pendidikan SD sangat menentukan perkembangan pola pikir anak/siswa menuju jenjang pendidikan berikutnya.

Berikut argumennya, Michael katakan bahwa keberadaan seorang Kepala Sekolah sangat penting. Terjadi kekosongan Kepala Sekokah pada sebanyak 30 Sekolah apalagi di tingkat dasar (SD), menurut Michael bukan hal hang lumrah di Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

“Keberadaan Kepala Sekolah mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang dipimpinnya agar terjadi perubahan-perubahan menuju standar mutu yang diharapkan”, ujarnya saat diwawancara Minggu 10/4/2022 di ruang Podcastnya.

Lebih jauh lagi Michael Edy Hariyanto, SH mengatakan, bahwa peran dan fungsi Kepala Sekolah di sebuah lembaga pendidikan sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, juga motivator. Lanjutnya, Kepala Sekolah juga punya peran mengatur irama pendidikan, evaluasi, meningkatkan karir dan keahlian guru serta yang lain di lingkungan lembaga pendidikan yang dipimpinnya.

Merespon terjadinya kekosongan Kepala Sekolah pada beberapa sekolah di Kabupaten Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, SH selaku Wakil Pimpinan DPRD mengaku akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan melalui Komisi yang membidangi dalam hal ini adalah Komisi IV. Padahal di dalam rapat Banggar dengan TAPD kapan lalu kata Michael, sudah pernah ditanyakan soal kekosongan Kepala Sekolah namun belum ada jawaban dari Dinas.

Harapannya, ada keterbukaan dari Dinas Pendidikan kenapa sampai terjadi kekosongan Kepala Sekolah, apakah memang di Banyuwangi tidak ada guru-guru yang mumpuni.

“Saya berharap Dinas Pendidikan terbuka menyampaikan apa yang jadi kendala sehingga terjadi kekososngan Kepala Sekolah, apakah memang di Banyuwangi ini tidak ada guru yang mumpuni untuk jadi Kepala Sekolah atau karena hal lain, sepertinya tidak mungkin. Karena yang saya tahu di Banyuwangi ini banyak guru-guru yang pintar punya latar belakang pendidikan tinggi sesuai keilmuannya khusunya pendidikan. Kalau memang tidak ada berarti seperti apa pendidikan karir dan pembinaan Dinas pada guru-guru di Banyuwangi kok susah banget cari Kepala Sekolah”, sergahnya.

Diakhir penyampaiannya sekali lagi Michael Wakil Pimpinan DPRD Banyuwangi dari Fraksi Demokrat itu menegaskan, “Kalau memang peduli kemajuan Banyuwangi, ingin meningkatkan mutu pendidikan, dan peduli anak bangsa mohon segera diatasi kekosongan Kepala Sekolah itu supaya tidak seperti anak ayam kehilangan induknya”, tukas dan pungkasnya. (r35).

Pos terkait