Dinas PUPR Jombang Normalisasi Embung Guna Antisipasi Kekurangan Air Di Ngusikan

KABAROPOSISI.NET|Jombang, – Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Jombang melalui Bidang Sumberdaya Air melakukan normalisasi Embung Balungrejo di Desa Ngusikan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Minggu (19/6)2022)

Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Jombang Bayu Pancoroadi ketika dikonfirmasi menyampaikan, Kegiatan Pelaksanaan Normalisasi embung di Kabupaten Jombang saat ini sangat penting dikarenakan banyaknya kebutuhan air untuk pemenuhan irigasi.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Embung yang semakin dalam bakal membuat daya tampungnya bertambah. Dengan daya tampung yang maksimal keberlangsungan tersedianya air di saat musim kemarau menjadi terjaga.

Lanjut Bayu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Jombang melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) dalam mengantisipasi Kekurangan air irigasi di Desa Ngusikan dengan melaksanakan kegiatan normalisasi Embung Balongrejo,” ungkapnya

Menurut Bayu, Kondisi Embung Balongrejo saat ini mengalami pendangkalan dan ditumbuhi eceng gondok sehingga tidak mampu menyimpan air ketika hujan. Sumber air yang masuk ke embung Balongrejo selain dari tampungan air hujan dan berasal dari pompa sumur dalam.

“Luas Embung Balongrejo adalah 35.000 m2, metode yang digunakan untuk memanfaatkan air embung dengan menggunakan pompa sebagai alat bantu untuk mengalirkan air ke sawah. Embung Balongrejo memiliki baku sawah kurang lebih 50 Ha, dengan produksi tanaman adalah padi dan kangkung,” Pungkasnya. (sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *