Polsek Singojuruh Gelar Doa Bersama Lintas Agama & Tasyakuran di HUT Bhayangkara Ke – 76

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Pada HUT Bhayangkara Ke – 76, Polsek gelar acara “Doa Bersama dan Tasyakuran” sekaligus mengikuti gelaran acara yang sama melalui Zoom dari Mabes Polri, bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Jumat 1/7/ 2022 sekira Pukul : 18:00 Wib sampai selesai.

Hadir dalam acara tersebut Camat Singojuruh beserta jajarannya, Danramil 0825/13 Singojuruh (Perwakilan), Kepala Desa se Kecamatan Singojuruh, Perwakilan KUA, Ka. UPTD Puskesmas Singojuruh, Tokoh/Ulama’ Lintas Agama, MWC NU Singojuruh, Mitra Polri (Sencom), dan keluarga besar Forum Singojuruh Bersatu (FSB).

Sebelum acara dimulai terlihat keberadaan Kapolsek Singojuruh AKP Abdullah Syajad, SH sambut tamu undangan. Namun tak lama kemudian meninggalkan acara karena ada tugas mendadak yaitu pengamanan aksi di Tumpang Pitu bersama beberapa anggotanya.

Selang beberapa menit acara pun dimulai sambil menunggu acara Zoom dari Mabes Polri dalam rangka HUT Bhayangkara Ke – 76 juga. Sambutan Kapolsek Singojuruh dalam hal ini disampaikan oleh Kanit Binmas Aiptu Didik Sudarmanto, SH. Pertama Kanit Binmas menyampaikan permohonan maaf, Kapolsek karena lebih awal meninggalkan acara mengingat tugas mendadak yaitu pengamanan aksi demo di Tumpang Pitu.

Berikut Kanit Didik atas nama Kapolsek menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Singojuruh atas berkenanya memfasilitasi tempat untuk kegiatan Doa Bersama Lintas Agama dan Tasyakuran HUT Bhayangkara yang Ke 76.

Kanit Binmas Didik Sudarmanto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam hal kamtibmas Polisi tidak bisa berbuat apa-apa tanpa adanya dukungan atau sinergi yang kuat dengan Tokoh masyarakat, stakeholder, Ulama’ dan Umaro’ yang ada. Harapannya ke depan kerjasama dan sinergi tetap terbangun sehingga situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Singojuruh selalu kondusif.

Dengan demikian kata Kanit Binmas, masyarakat melakukan aktifitas dan ibadah dalam kesehariannya aman dan nyaman ekonomi segera pulih. Karena hampir selama 2 tahun lebih semua sektor mengalami kelumpuhan akibat dampak pandemi covid-19. Yang mana dalam rangka itu semua pihak termasuk Polisi terlibat dalam upaya menyelamatkan masyarakat. Tapi memang kata Didik Sudarmanto, bahwa prinsip bagi seorang Polisi “Keselamatan Rakyat adalah hukum tertinggi”.

Camat Singojuruh Drs. Bambang Santosa atas nama Pemerintah Kecamatan dalam sambutan kehormatannya menyampaikan awali dengan ucapan selamat HUT Bhayangkara yang Ke – 76. Disertai dengan doa mudah-mudahan ke depan POLRI semakin profesional dan semakin dicintai oleh rakyat. Camat Bambang akui bahwa selama ini dengan adanya kerjasama yang baik semua masalah di Singojuruh bisa diatasi. Termasuk masalah penanganan covid-19 juga vaksinasi sukses di Singojuruh peran Polisi (Polsek Singojuruh) juga TNI (Koramil Singojuruh) luar biasa. Sama dengan pidato sebelumnya, Camat berharap sinergi TNI/POLRI, Tokoh Masyarakat dan Ulama’ tetap kuat demi Singojuruh menuju lebih baik.

Ucapan selamat mewakili Kepala Desa se Kecamatan Singojuruh disampaikan oleh Kades Gumirih Mura’i Ahmad, SE.,SH. Pada kesempatan itu Mura’i Ahmad mengajak kepada semua pihak, bila ada masalah sekecil apapun di Kecamatan Singojuruh untuk diatasi dan selesaikan bersama. Mura’i juga mengapresiasi kinerja Polsek Singojuruh dikatakannya soal menciptakan kamtibmas sudah bagus. Kalau dulu-dulu sering terjadi warga yang kehilangan barang karena banyak pencurian. Sekarang warga kehilangan barang sudah tidak ada lagi, tapi yang hilang adalah kepercayaan.

Oleh karena itu Mura’i di moment HUT Bhayangkara Ke – 76, mengajak semua pihak untuk berikrar bagaimana menciptakan Singojuruh yang aman dan nyaman agar kepercayaan masyarakat tetap ada. Tak hanya itu Mura’i Ahmad mewakili semua Kepala Desa memohon kepada kepolisian (Polsek Singojuruh). Kalau ada masyarakat yang bermasalah dengan pelanggaran hukum. Untuk diberikan kesempatan kepada Tiga Pilar menyelesaikannya, namun bila Tiga Pilar tidak mampu maka sepenuhnya akan diserahkan ke Kepolisian.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Habib Toha Pengasuh Pondok Pesantren Darul Anwar. Setelahnya sebagai pewarna acara tasyakuran setelah doa dilakukan pemotongan Tumpeng oleh Camat Singojuruh Drs. Bambang Santosa diserahkan kepada Kapolsek Singojuruh melalui Kanit Binmas Aiptu Didik Sudarmanto, SH. (r35).

Pos terkait