Tembus Rp 5,9 Miliar, Kabid SMP Disdik Bangkalan Enggan Beberkan Data Penerima DAK

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur melalui Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) terima gelontaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebasar Rp 5,9 miliar bersumber dari APBN.

Dana tersebut dialokasikan untuk pengadaan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan media pendidikan bagi sekolah serta rumah dinas guru dan RKB.

Bacaan Lainnya

Jufri Kora Kepala Bidang Pembinaan SMP mengatakan, dari sekian angka tersebut yang digelontorkan oleh pemerintah, diantaranya Rp 2.625.000.000 untuk pengadaan TIK pada 21 lembaga, kemudian Rp 855.461.250 dialokasikan untuk Ruang Kelas Baru (RKB) 1 lembaga serta 13 perumahan guru Rp 2,429.797.500.

Lanjut, Jufri, dirinya juga mengaku, mengenai pengadaan TIK dikoordinir oleh bidangnya yang kemudian disalurkan pada lembaga penerima.

“Kalau TIK itu kita harus E-Katalog yang memakai sistem surat seperti persyaratan, kajian, dan transfer semua menggunakan surat. Jadi kita yang membelanjakan karena anggarannya kan ada di kita, dan yang harus menanda tangani kontrak dengan penyedia itu PPKom sementara sekolah tidak mempunyai PPKom,” kata Jufri menerangkan saat ditemui dikantornya, rabu (27/07/2022).

Namun saat dimintai perihal rincian data masing-masing lembaga penerima DAK tersebut, Jufri enggan memberikan.

“Sudah mas, itu saja sudah cukup, sebab nanti dengan sampean menaikan berita itu saja teman-teman media lainnya akan banyak yang datang menanyakan hal yang sama,” tandasnya.

Sampai berita ini dinaikkan, Jufri belum juga memberikan data masing-masing penerima DAK Tahun Anggaran (TA) 2022. (Red)

Pos terkait