Dukung Penanganan Stunting, Pemdes Sragi Kolaborasi Dengan TP PKK Desa Gelar Lomba Olahan Ikan Menu PMT

Kabaroposisi.net | Banyuwangi. Pemerintah Desa Sragi dan Tim Penggerak PKK Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi, Rabu 24/8/2022, berkolaborasi gelar “Lomba Aneka Olahan Ikan Menu PMT”. Pesertanya adalah para Kader Posyandu dari sebanyak 12 Posyandu yang ada di 7 Dusun, ibu-ibu Muslimat dan Fatayat Desa Sragi.

Dalam kegiatan lomba ini, Pemdes dan TP PKK Desa Sragi hadirkan selaku Dewan Juri diantaranya 1. Linda Novitasri (Ahli Gizi Kecamatan Songgon), 2. Lilis Suryani (Pokja 3 PKK Desa Songgon), dan 3. Ari Indarwati (Pokja 3 PKK Desa Sragi). Pantauan media, para peserta lomba bersaing ketat menampilkan menu olahan ikan untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Turut mendukung menyemarakkan kegiatan lomba tampak keberadaan Mahasiswi Universitas Ibrahimi Genteng yang kebetulan KKN di Desa Sragi,

Bacaan Lainnya

Yang dilombakan dan harus membuat peserta lomba mampu berkompetisi songsong gelar sang Juara antara lain antara lain Menu Olahan Ikan untuk PMT Bayi, Menu Olahan Ikan untuk PMT Balita, dan Menu Olahan Ikan untuk PMT Ibu Hamil (Bumil). Dilihat dari ragam menu olahan yang dilombakan, sepertinya awak media menangkap bahwa Pemerintah Desa dan TP PKK Desa Sragi korelasikan dengan program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang sedang gencar-gencarnya cegah dan menurunkan angka stunting.

Bak gayuh bersambut, ternyata apa yang disampaikan oleh Hartono Kepala Desa Sragi saat dikonfirmasi tidak jauh dari alur perkiraan awak media,

“Lomba ini kami gelar bersama Tim Penggerak PKK Desa Sragi yang pesertanya Kader dari 12 Posyandu yang ada di 7 dusun dan ibu-ibu Fatayat/Muslimat. Adapun tujuan harapan kami dari kegiatan lomba ini agar para Kader Posyandu bisa ketok tular dan mengedukasi kepada ibu-ibu di lingkungan masing-masing, menyampaikan menu makanan tambahan seperti apa yang bagus untuk anak usia bayi, anak usia balita, dan ibu sedang hamil. Yang secara otomatis juga adalah untuk mencegah terjadinya stunting di desa Sragi bila makanan tambahan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan bernutrisi”, ungkap Kades Hartono.

Hasil penilaian dari Dewan Juri, didapatkan peserta yang berhak menyandang gelar Juara diantaranya sebagai peraih Juara 1 peserta dari ibu-ibu Fatayat Desa Sragi, sebagai peraih Juara 2 peserta dari Posyandu Nangka, dan sebauai peraih Juara 3 dari Posyandu Sawo. Kepada para Jawara tersebut diberi hadiah berupa Tropy dan uang pembinaan senilai 1 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Desa Sragi Indartik. Sementara sebagai bentuk ucapan terima kasih atas partisipasi peserta mengikuti kegiatan lomba, Kades Hartono mengganti biaya para peserta yang tidak beruntung meraih gelar Juara. (r35).

Pos terkait