Reses III Anggota DPRD Fraksi Demokrat Michael EH, SH Di Desa Cantuk, Jadi Solusi Ringankan Permasalahan Masyarakat

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI –Bertempat di Dusun Rampan Desa Cantuk Kecamatan Singojuruh, berlangsung Reses III Anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH yang juga salah satu Pimpinan DPRD Kabupaten Banyuwangi. Selain perwakilan tokoh masyarakat dari masing-masing dusun, perwakilan pemuda, perwakilan perempuan se Desa Cantuk, hadir juga diantaranya Camat Singojuruh Drs. Bambang Santosa, M.AP, Kepala Desa Cantuk H. Masbudi berikut jajaran BPD nya, dan Kepala Desa Padang H. In’am.

Seperti biasa formalitas kegiatan Reses anggota dewan, lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai pembuka acara dilanjutkan kata sambutan Kepala Desa Cantuk H. Masbudi selaku yang berketempatan. Atas nama masyarakatnya, Kades H. Masbudi mengaku sangat bersyukur dan terima kasih kepada Michael Edy Hariyanto Anggota sekaligus Pimpinan DPRD Banyuwangi Fraksi Partai Demokrat. Telah berkenan memilih Desa Cantuk berketempatan untuk kegiatan Resesnya. Tanpa basa-basi Kades H. Masbudi sebut Michael Edy Hariyanto Anggota DPR yang luar biasa.

Bacaan Lainnya

“Kami merasa sangat bersyukur sekali Pak Michael berkenan adakan reses di desa kami. Ini bukan karena dalam kontek ini saya memuji panjenengan (Michael), meskipun Pak Michael ini tidak pernah mengadakan reses di Cantuk, tapi justru bantuannya yang paling banyak bantuannya dari Pak Michael di Cantuk, ini luar biasa sekali bagi kami”, ungkap Kades Cantuk.

Namun demikian Kades H. Masbudi juga mengatakan bahwa tentu tidak menafikan bahwa banyak juga bantuan dari Pemerintah yang diterima oleh Desa Cantuk melalui anggaran seperti DD dan ADD juga yang lain. Hanya lagi-lagi kata H. Masbudi baru kali ini asa Anggota DPR yang gelontorkan pokirnya di Desa Cantuk senilai 1 Milyar lebih, padahal di Desa Cantuk suara dukungan untuk Michael Edy Hariyanto tidak banyak. Apa yang disampaikan H. Masbudi membuat yang hadir tercengang dan sontak tepuk tangan apresiasi atas perhatian Michael untuk desanya. Kades H. Masbudi dengan jujur juga akui ada bantuan pokir dari Anggota dewan Partai lain yang masuk ke Desa Cantuk selama ini.

Pada kesempatan tersebut, Kades H. Masbudi tidak ketinggalan menyampaikan persoalan di desanya yang tak kunjung ada penyelesaian yaitu tentang kerusakan jalan. Bahkan tanpa ragu Kades yang satu ini, dengan tegas bahwa jalan tembus Desa Cantuk menuju Desa Singojuruh, dari sejak pertama kali dirinya dilantik jadi Kepala Desa ke sekarang hampir 12 tahun, belum pernah dilakukan perbaikan. Pada kesempatan itu pula, Kades H. Masbudi berharap kepada Michael selaku Anggota dewan sekaligus salah satu Pimpinan di DPRD untuk mencarikan solusinya.

Berikut Camat Singojuruh Bambang Santosa, M.AP sedikit berkisah bahwa sebelum menjabat jadi Camat Singojuruh sudah sering komunikasi dengan Michael saat bertugas di Sekwan DPRD Banyuwangi bahkan sering bersama dalam Kunjungan Kerjanya ke luar pulau. Camat Bambang akui sangat mengenal Michael, dan diceritakannya bahwa sosoknya adalah anggota DPR yang baik. Kades Padang H. In’am juga mengucapkan terima kasih karena diundang hadirkan pada Reses Michael, sehingga diberi kesempatan pula untuk menyampaikan aspirasi untuk masyarakat Desa Padang.

Sebelum serap aspirasi dibuka, Michael Edy Hariyanto, SH seperti biasa memberikan pemahaman tentang politik kepada tokoh masyarakat yang hadir. Yang  mana Michael menyarankan agar ke depan tidak bermain-main dengan politik kalau tidak paham tentang apa itu politik. Terutama pada Pemilu memilih anggota Legeslatif, kata Michael, jangan hanya karena uang dan janji-janji tidak jelas, masyarakat menentukan dukungan dan pilihannya. Michael dengan tegas mengatakan, ” Tidak apa-apa tidak memilih Partai Demokrat, silahkan dukung dan pilih Caleg dari partai manapun karena semua Partai baik, tujuannya semua baik. Saya hanya berpesan, kalau ingin berubah jadi lebih baik, maka pilihlah yang baik-baik orangnya dan mau memikirkan nasib rakyat yang memilih dan diwakilinya “, lontarnya.

Mengklarifikasi penyampaian Kades Cantuk soal bantuan pokir yang banyak masuk ke Desa Cantuk Michael menegaskan, jangan hanya karena banyaknya bantuan memilih Partai Demokrat. Tegas Michael, ” Saya tidak pernah memberikan bantuan minta balasan agar masyarakat memilih saya atau memilih Demokrat. Dan saya tidak pernah berikan bantuan karena di desa itu banyak yang memilih saya atau tidak. Karena bantuan yang saya berikan adalah uang rakyat, saya hanya menyampaikan amanah sebagai wakilnya rakyat. Tugas saya sebagai anggota DPR bagaimana membuat rakyat senang, karena saya ini adalah kulinya rakyat dan rakyat adalah bos saya “, tandas Michael disambut tepuk tangan hadirin.

Setelah panjang lebar Michael berikan pendidikan politik, Michael buka serap aspirasi dan mempersilahkan perwakilan tokoh masyarakat seluas-luasnya menyampaikan keinginannya. Beragam usulan disampaikan, ada yang minta bantuan perbaikan infrastruktur (jalan rusak), ada yang minta bantuan perbaikan gedung pendidikan, ada yang hanya minta solusi penyelesaian karena maraknya rentenir yang jadi alternatif masyarakat mengutang dan pelatihan-pelatihan untuk ibu-ibu rumah tangga, ada yang minta bantuan untuk pemberdayaan pokmas-pokmas dan modal untuk pengembangan kreativitas pemuda.

Semua aspirasi yang disampaikan oleh warga Desa Cantuk juga warga Desa Padang mendapat respon positif dan diamini oleh Michael termasuk yang sangat urgen adalah perbaikan jalan tembus Desa Cantuk menuju Desa Singojuruh. Nasib beruntung saat itu juga dirasakan oleh Kepala TK yang ada di Dusun Andongsari Desa Padang, karena yang dimintakan bantuan nilai anggarannya kecil untuk perbaikan atap dan plapon gedung. Maka saat itu juga Michael berikan bantuan pakai uang pribadi senilai 10 juta, karena dipandang urgen untuk kepentingan pedidikan. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *