Demi Independensi, Tes Perangkat Desa Lemahbangkulon, Panitia Gunakan Tim Seleksi Independen

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pemerintah Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh dalam rangka optimalisasi pelayanan untuk masyarakat. Lakukan rekrutmen penjaringan dan penyaringan Perangkat Desa untuk posisi Kepala Kewilayahan (Kadus) dan Kaur Perencanaan.

Pada Senin 20/3/2023 dibuka sekaligus digelar tes tulis dan tes praktek oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Lemahbangkulon yang diketuai oleh Sujayadi (Sekdes). Hadir dalam prosesi pembukaan Drs. Subandiyo (Kepala Desa), Jayusman (Ketua BPD) beserta jajarannya, Drs. Anas Sugiarto (Sekcam) beserta 2 orang Stafnya.

Drs. Subandiyo selaku Kepala Desa apresiasi terhadap kinerja Panitia Penjaringan dan Penyaringan, yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Sedikit wejangan kepada peserta tes, bahwa dalam mengikuti seleksi berkompetisilah jadi yang terbaik untuk kemajuan Desa Lemahbangkulon ke depannya.

Jayusman, S.Pd selaku Ketua BPD senada dengan penyampaian sebelumnya mengapresiasi kinerja Pansel Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Lemahbangkulon. Jayus juga katakan unsur keadilan sudah terlihat, bahwa dari sebanyak 13 peserta ada perwakilan dari masing-masing dusun. Jayus juga minta kepada peserta untuk berikan kepercayaan kepada Panitia, tentang bagaimana hasil akhir seleksi nantinya. Tegasnya, BPD akan akan kawal dan mengawasi setiap proses pelaksanaan seleksi (tes).

Diharapkan kepada peserta pasca seleksi/tes dan sudah ditetapkan siapa yang lolos dan tidak oleh Panitia, untuk tidak menghembuskan informasi-informasi miring di masyarakat. Percayakan sepenuhnya kepada Panitia, apalagi sudah jelas-jelas Panitia sengaja melibatkan pihak ke tiga dan independen sebagai Tim seleksinya. Kata Jayus, tentu nanti yang tebaik dan terpilih adalah dia yang kognitif pengetahuannya, punya keterampilan, dan sikap atau kepribadiannya yang baik.

Sujayadi (Sekdes) selaku Ketua Pansel Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Lemahbangkulon tahu  2023. Melaporkan bahwa semua tahapan-tahapan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan regulasi yang ada baik Perda maupun Perbup. Namun demikian Jayadi selaku Panitia tetap menjunjung transparansi dan terbuka untuk menerima kritik maupun saran dari pihak manapun selama tidak menyimpang dari aturan yang berlaku.

Dikatakannya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan satu contoh dugaan adanya pengondisian atau kecurangan. Maka untuk Tim Seleksi berikut materi soal-soal yang akan diujikan pada peserta sepenuhnya dipercayakan pada Tim Seleksi Independen yang tentu tidak diragukan kredibilitas juga integritasnya. Dan Jayadi tegaskan bahwa untuk materi soal berikut jawaban soal dijamin kerahasiaannya.

Sementara Danang Ikhsan selaku Koordinator Tim Seleksi independen menyampaikan hal-hal yang menyangkut tehnis dan garis besar materi yang diujikan kepada peserta. Sekedar meyakinkan, Danang Ikhsan sekilas paparkan profile pribadi dan Tim berikut pengalaman dan jejak rekam kegiatan-kegiatan lembaga yang ditekuninya selama ini. Selanjutnya sebelum penutup, dibacakan tata-tertib bagi peserta selama mengikuti tes/ seleksi.

Memastikan fasilitas dan tehnis pelaksanaan tes tidak ada kendala apapun, Drs. Anas Sugiarto bersama Staf Kecamatan didampingi Kepala Desa, BPD, dan Panitia cek ruangan ujian. Tak hanya itu, berkas-berkas soal ujian tak luput dari kontrol BPD dan yang lainnya. Setelah diyakini steril dari masalah, soal tes pun dibagikan kepada peserta. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *