Pembangunan Saluran Irigasi Sawah Gempol Sukosari Madiun Sudah 100%

KABAROPOSISI.NET|Madiun, – Sebagai penunjang untuk meningkatkan hasil pertanian, keberadaan saluran irigasi memiliki posisi yang sangat penting. Saluran irigasi yang bagus akan menunjang peningkatan hasil pertanian sehingga perekonomian nantinya akan terus berjalan dan berkembang.

Hal ini yang mendorong Pemerintah Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, untuk terus mengupayakan adanya bantuan  untuk pembangunan saluran irigasi.

Bacaan Lainnya
Pekerja dari warga desa Sukosari

Salah satunya adalah melalui Pembangunan Saluran Irigasi sawah Gempol yang di serap dari Dana Desa (DDS) tahun 2023.

“Saluran irigasi yang dibangun di Dusun Gempol kita alokasikan dari Dana Desa (DDS), dengan anggaran Rp 47.693.000.00, tentunya sesuai musyawarah desa yang sudah di agendakan, demi meningkat pendapatan perekonomian petani, mempermudah sistem irigasi di sawah”, tegas Kades Sukosari.

Kusno selaku Kades Sukosari menambahkan, “untuk tenaga kerja kita memakai tenaga lokal, atau warga desa Sukosari sekitar 180 pekerja, panjang saluran 200 M, dan saat ini sudah final 100% selesai, dengan harapan warga agar bisa ikut membantu memelihara fisik bangunan”, tegas Kades.

Ketua pelaksana proyek Mustofa juga merasa lega, ” kita membangun dengan rasa memiliki bersama, kita kerjakan sesuai Standar perencanaan yang telah ada”, jelas Mustofa.

“Agar saluran irigasi  tetap bisa digunakan dengan baik ,seyogyanya semua pengguna air melakukan perawatan secara rutin membersihkan saluran saluran irigasi ini dari sampah dan benda benda yang dapat merusak bangunan saluran air,”  harap Kusno.

Sudah bisa dinikmati petani

Warga Gempol Sukosari juga menyambut positif pembangunan saluran irigasi. Salah satu warga menyebutkan bahwa dengan adanya pembangunan ini, dia bersama petani lainnya akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengairan di sawahnya.

“Kami lebih mudah dan cepat dalam hal pengairan tanaman di sawah kami, yang sebelumnya memang mengalami kesulitan, terutama pada saat musim kemarau, air sudah habis terserap di tanah karena jauhnya jarak sumber air dengan sawah kami. Pembangunan ini benar-benar sangat membantu kami,” ungkap warga. (Pr@)

Pos terkait