Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian, DPUPR Membangun Sumur Sibel

Maskur Yatim, Dinas PUPR Kabupaten Madiun melalui bidang Sumber Daya Alam (SDA)

KABAROPOSISI.NET|Madiun, -Ketersediaan air sangat berpengaruh besar untuk pertanian,karena dengan air yang cukup dapat meningkatkan produksi pertanian,untuk itu Dinas PUPR Kabupaten Madiun melalui bidang Sumber Daya Alam (SDA) merealisasikan pembangunan sumur jaringan irigasi tanah( sumur sibel).

Pembangunan sumur sibel ini tepatnya Desa Kedungrejo, Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. 23/11/23.

Bacaan Lainnya

Proyek dengan Nomor/tanggal kontrak : 602 1/2779/402.1.4/2023 di kerjakan oleh CV Rongcuyu , konsultan pengawas CV Deolon Engineering dan menelan Rp.199.550.000 telah selesai dikerjakan.

Ditemui di ruang kerjanya Maskur Yatim menyampaikan bahwa, pembangunan sumur sibel ini dimulai tahun 2000, akan tetapi sempat terhenti karena  keterbatasan  anggaran, dan mulai dikerjakan lagi pada tahun 2017, karena pembangunan sumur sibel ini sangat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan air bagi para petani.

Suyadi Kades Kedungrejo Kec Balerejo

Menurutnya saat ini pihaknya sudah membangun sekitar 270  sumur sibel, mulai  dari kapasitas besar dengan debit air 3000 liter/detik,tiap tahunnya pengajuan proposal bantuan pembangunan sumur sibel selalu ada.

Bahwa terkait aturan penggunaan air bawah tanah, Maskur menjelaskan, “belum ada Perda yang mengaturnya, hanya saja mulai tahun 2019 pemerintah daerah menghimbau agar kita dapat menghemat air tanah, karena air yang diserap dengan air yang keluar tidak seimbang.” jelasnya.

Harapan kami, semoga program ini dapat diterima oleh masyarakat, dan masyarakat yang mendapat bantuan sumur sibel agar dapat memeliharanya dan merawatnya dengan baik, dalam hal ini operasionalnya harus terorganisir dengan jelas, seperti  adanya ketua, sekertaris, bendahara dan anggota, dan yang paling penting perlu adanya kas, sehingga kalau ada kerusakan dapat membiayainya sendiri”, jelasnya.

Saat melihat langsung ke lokasi, tim Kabar Oposisi berkesempatan mewawancarai Suyadi (Kades Kedungrejo),

“Kami atas nama pemerintah desa Kedungrejo mengucapkan terima kepada Dinas PUPR Khususnya Bidang SDA,yang telah memberikan bantuan sumur sibel ini,Alkhamdulilah dengan dibangunnya sumur sibel ini kebutuhan air untuk sawah dapat tercukupi,sehingga hasil panen bisa berlimpah,”tuturnya. (tik)

Pos terkait