MTs. UNGGULAN Darussholah, Selangkah Lagi Akan Luluskan Siswa Berprestasi Bidang Tahfidzul Qur’an & Baca Kitab Kuning

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI –Belum lama atau sekira 3 tahun ini di Pondok Pesantren Darussholah Gumirih Kecamatan Singojuruh dibawah asuhan KH. Nur Fauzi, berdiri sebuah lembaga pendidikan Madrosah Tsanawiyah yang selanjutnya disebut Madrasah Tsanawiyah Unggulan Darussholah (MTs. UNGGULAN Darussholah).

Artinya MTs. UNGGULAN Darussholah menerima siswa dan melakukan kegiatan belajar mengajar sudah 3 tahun ajaran baru dan belum ada produk kelulusan. Tahun ajaran baru 2023 ini MTs. UNGGULAN Darussholah baru mencetak siswa Kelas : 9. Meski tergolong masih merangkak, namun sepertinya keberadaan MTs. UNGGULAN Darussholah dibawah pimpinan seorang Kepala Sekolah bernama Ida Wardhatul Laili itu cukup menjanjikan.

Sekilas iformasinya MTs. UNGGULAN Darussholah Gumirih selain memberikan pengajaran pada bidang study keagamaan dan bidang study umum layaknya SMP. Juga ada pendidikan dan pembelajaran khusus di bidang Tahfidzul Qur’an dan membaca Kitab Kuning. Oleh karena itu kemudian lembaga pendidikan setingjat MTs dibawah binaan Ponpes Darussholah itu bersebutan nama MTs. UNGGULAN.

Selanjutnya diurai oleh Ida Wardhatul Lalili selaku Kepala MTs. UNGGULAN Darussholah Gumirih tentang pengetahuan apa saja yang aakan didapat siswa-siswi yang sekolah di MTs. UNGGULAN Darussholah, inilah diantaranya : Tahfiz (Tahfidz) : Berarti mengafal Al Qur’an yang secara filosofis salah satu cara menjaga Al Qur’an dengan menyimpannya dalam ingatan, Tahsin : Memperbaiki Bacaan Al Qur’an, Talqin : Menghafal Al Qur’an dengan cara mendengarkan dan menirukan sesuatu yang akan dihafalkan, Tasmi’ : Memperdengarkan hafalan Al Qur’an yang dihafalkannya, Tikrar : Menghafal Al Qur’an yang mana penghafal mengulang per ayat sebanyak 10 s/d 10 kali, Ziyadah : Menambahkan bahan yang akan dihafalkan oleh penghafal, Murajaah : Mengulang kembali yang dihafalkan.

Masih banyak lagi diantaranya Tilawah, Mutaba’ah, Mutqin, Hadr, Tadwir, Tartil, Muhafadzah/hifdz, Mudzakaroh, Mufattisy, Hafidz/Hafidzul Qur’an, Hamil/ Hamilul Qur’an, Tafahhum, Kitabah, Khataman, Muhafidz/Muhafizah, Musrif/Musyrifah, Sajdah (Ayat Sajdah), Tajwid, Saktah, Isyman, Imalah, Tas-hil, Nun Al-Wiqayah, Ash-Sifrul Mustadir, Ash-Sifrul Mustathilul Qa’im, Naql, Huruf Mad, Shirf Mustadir, ‘Shirf Mustathil Qa’im, ‘Nun Wiqayah, Bacaan ‘gharib’.

Itulah istilah-istilah yang digunakan oleh para guru/ustad yang membidangi program pengajaran Tahfidzul Qur’an di MTs. UNGGULAN Darussholah Gumirih Kecamatan Singojuruh. Pasalnya siswa-siswi keluaran MTs. UNGGULAN Darussholah tidak diragukan lagi dalam hal pengetahuan membaca Al-Qur’an. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *