Panitia Pilkades Sudah Memasuki Tahapan Pleno Penetapan Bacakades, Anggaran Belum Cair

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi, ada 3 (tiga) Desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa bulan Oktober 2023 diantaranya Desa Sumberbaru, Desa Cantuk, dan Desa Alasmalang. Panitia Pilkades di ke tiga desa tersebut sudah laksanakan tahapan-tahapan Pilkades meskipun “anggaran” dari Pemkab Banyuwangi belum realisasi.

Baru-baru ini Panitia sudah masuk pada tahapan pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) tanggal 30 Juli s/d 7 Agustus 2023. Ada masa jeda untuk dilakukan verfikasi pada berkas calon dan kompensasi masa perbaikan bila ada berkas calon yang perlu dilakukan perbaikan oleh Panitia. Dan tanggal 18 Agustus 2023 Panitia Pilkades masuk pada tahapan Penetapan Bakal Calon setelah semua berkas persyaratan dinyatakan lengkap atau lolos dari verifikasi.

Sebagaimana disampaikan Panitia Pilkades Cantuk, Penetapan Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Cantuk memenuhi syarat administrasi atau dengan kata lain lolos verifikasi pada Jumat tanggal 18 Agustus 2023. Sementara untuk Penetapan Nama dan Nomer Urut Calon akan dilakukan nanti pada tanggal 4 Oktober 2023 mendatang. Berdasarkan Pleno nama-nama yang sudah ditetapkan sebagai Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Cantuk antara lain atas nama : H. Masbudi, Habib Ansori, dan Imam Gojali.

Untuk Desa Sumberbaru informasi yang awak media tangkap dari Azis (Ketua Panitia Pilkades), Bakal Calo yang lolos adminstrasi dan ditetapkan sebagai Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Sumberbaru ada 5 orang diantaranya adalah atas nama : Edy Suroso, Edy Isrofi, Mustofa, Eko Wahyudi, dan Didik Kurbiawan. Sama dengan penyampaiannya sebelumnya, untuk Penetapan Nama dan Nomer Urut Calon akan dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober.

Dari kedua Panitia Pilkades tersebut baik Panitia Pilkades Cantuk maupun Panitia Pilkades Sumberbaru. Didapatkan informasi, sampai dilansirnya berita ini, anggaran biaya Pilkades dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tak kunjung realisasi. Sementara Panitia sudah banyak kegiatan lalui tahapan demi tahapan Pilkades sampai yang terkini adalah Penetapan Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) masing-masing.

Merespon kinerja Panitia Pilkades di 3 (tiga) desa yang akan gelar Pilkades di bulan Oktober mendatang itu, Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto. Menyampaikan pesan moral melalui media kepada Masyarakat, Panitia, dan Calon Kandidat setempat. Kepada Masyarakat, Panitia, dan Bacakades Sumberbaru, Cantuk, dan Alasmalang, berpesan hendaknya Pilkades jadi ajang demokrasi yang tujuannya untuk memilih pemimpin demi kemajuan desa masing-masing.

Sementara informasi dari Panitia Pilkades Alasmalang terkait Penetapan Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades), sampai ditayangkannya berita ini masih belum diperoleh konfirmasinya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *