Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Tulungagung Gelar Wayang Kulit Peringati HUT RI Ke 78

Kabaroposisi.net | Tulungagung –  Guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta yang ke 78 tahun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung menggelar berbagai acara hiburan untuk masyarakat Tulungagung. Aneka kegiatan tersebut diadakan di area Gedung Olah Raga Lembu Peteng. Salah satu kegiatan tersebut yaitu dengan menggelar Wayang Kulit semalam suntuk bersama dalang kondang Ki Dalang Eko Prisdianto dengan Lakon ” Semar Mbangun Khayangan.”

Acara wayang kulit yang digelar di area GOR Lembu Peteng tersebut digelar pada Sabtu malam (19/8/2023) di mulai pukul 20.00 WIB dengan dipandu oleh pembawa acara . Adapun acara tersebut di hadiri Kepala Disbudpar Tulungagung, Drs. Bambang Ernawan M.Pd, Kepala Bidang Pariwisata, Suprihatin serta jajaran pegawai Disbudpar Tulungagung serta ratusan penonton masyarakat Tulungagung.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Drs. Bambang Ernawan, M.Pd diwakili Kepala Bidang Kebudayaan, Suprihatin mengatakan,” Pagelaran wayang kulit malam ini mengambil Lakon “Semar Mbangun Khayangan” dengan Ki Dalang Eko Prisdianto, merupakan rangkaian kegiatan merayakan HUT RI Ke-78, selain itu tadi sore juga menampilkan kesenian Campursari dan besuk minggu pagi akan menampilkan kesenian jaranan yang di mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB, kesenian nanti akan menampilkan jaranan jowo dan jaranan sentherewe.”

Menurut Suprihatin perlu untuk diketahui masyarakat Tulungagung bahwa jaranan Pegon, saat ini dalam kajian untuk diusulkan sebagai warisan Budaya di tahun 2023 dan mohon doa restu kepada semua masyarakat Tulungagung agar terealisasi.

“Semoga semua rangkaian pagelaran ini dapat memberikan hiburan kepada seluruh masyarakat Tulungagung dengan menumbuh kembangkan semangat kemerdekaan sesuai semboyan ” Terus Melaju Untuk Indonesia maju,” ungkap Suprihatin 

Menurut Suprihatin, semoga kegiatan ini dapat menjadikan wahana pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Tulungagung.

“Kami keluarga besar dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua masyarakat Tulungagung semoga pagelaran yang disajikan ini bisa menjadi hiburan, pungkasnya.

Untuk mengawali Pagelaran Wayang Kulit tersebut ditandai dengan Penyerahan Tokoh Semar dari Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, Bambang Ernawan kepada Ki Dalang Eko Prisdianto dan tepat pukul 21.00 WIB pagelaran Wayang Kulit dengan Lakon ” Semar Mbangun Khayangan ” dimulai. (yd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *