Dinas Kesehatan Melalui Puskesmas Campurdarat Beri Sosialisasi Pekan Aksi Bergizi Di SMPN 2 Campurdarat 

Kabaroposisi.net | Tulungagung – Upaya Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam hal ini melalui Dinas Kesehatan Tulungagung untuk melakukan kegiatan Sosialisasi terkait Pekan Aksi Bergizi dan di Lingkungan Pendidikan Menengah dengan Tema “Pensi Gita Ceria” (Cerdas Berprestasi Tanpa Anemia) terus di galakkan .

Kali ini kegiatan Sosialisasi Pensi Gita Ceria tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung pada hari Selasa (22/8/2023) oleh UPT Puskesmas Campurdarat. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Olah Raga tersebut diikuti oleh seluruh Siswa Siswi Kelas 8 SMP Negeri 2 Campurdarat.

Sebelum pelaksanaan kegiatan Sosialisasi tersebut dimulai, tampak petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Campurdarat mempersiapkan beberapa alat peraga yang di butuhkan. Tampak murid murid Siswa Siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Campurdarat tersebut antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Acara yang dimulai pukul 8.00 pagi tersebut dilaksanakan dengan kegiatan senam bersama serta game yang dinamakan ” Jejak Bergizi”. Dalam game tersebut setiap kelas diwakili oleh 10 peserta, dan bagi pemenang mendapatkan Hadiah berupa uang tunai dan door prize yang disediakan oleh pihak Dinas Kesehatan. Dalam acara tersebut salah satu dokter muda yaitu dr. Fikri Arif memberikan paparan dan gambaran akan pentingnya gizi seimbang yang harus kita konsumsi sehari hari. Siswa siswi yang mengikuti acara tersebut tampak gembira dan antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh dr. Fikri Arif tersebut.

Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh petugas dari UPT Puskesmas Campurdarat serta beberapa guru pendamping juga dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas, drg. Niken Moerwani Yudianti Campurdarat, serta dihadiri oleh Kepala SMP Negeri 2 Campurdarat, Sri Wahyuni M.Pd atau yang akrab disapa Mom Corri.

Ditemui di tengah acara Kepala SMP Negeri 2 Campurdarat, Mom Corri mengatakan,”Sekolah kita dipilih menjadi tuan rumah salah satu kegiatan Pensi Gita Ceria oleh Pemerintah yang saat ini gencar gencarnya mencegah stunting pada anak anak remaja, dan saya sangat bersyukur SMP Negeri 2 Campurdarat ditunjuk menjadi mitra dari Dinas Kesehatan yang kali ini melalui UPT Puskesmas Campurdarat dengan adanya pelaksanaan ini.”

Mom Corri berharap dengan kegiatan ini bisa menjadikan anak anak siswa siswi SMP Negeri 2 Campurdarat bisa tahu dan mengenal pola makan yang benar untuk mencegah stunting.

Dalam kesempatan itu Kepala Puskesmas Campurdarat, drg. Niken juga menyampaikan,”Adapun Kegiatan hari ini sudah ada persiapan dua minggu yang lalu karena tugas dari Dinas Kesehatan untuk mengadakan Pensi Gita Ceria bertujuan untuk pencegahan stunting dari awal, adapun penyebab stunting itu kebanyakan karena anemia jadi kita mulai dari anak anak SMP dulu supaya mereka melakukan donor darah kalo sudah terbiasa dan waktunya mereka kalo punya anak mereka sudah sehat.”

Adapun program khusus dari Dinas Kesehatan Tulungagung yaitu memberikan suplemen tambah darah yang setiap minggu anak anak SMP bisa langsung mengambil di sekolahan dan pengawasannya dilakukan dari pihak sekolah melalui UKS.

” Harapan kita kedepan mereka bisa memenuhi gizi dengan baik sesuai ” Isi Piringku ” karena dengan pola makan dan pola hidup yang baik bisa membentuk generasi yang lebih baik lagi yang terbebas dari stunting, perlu di ketahui adapun kandungan gizi dalam ” Isi Piringku” yaitu sepertiga Karbohidrat, sepertiga lagi sayuran kemudian sepertiga yang terakhir dibagi dua yaitu protein dan buah jadi beda sama dulu yaitu Empat Sehat Lima Sempurna sekarang ganti Isi Piringku,” pungkas Niken. (yd)

Pos terkait