Semarakkan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI, Muspika Kecamatan Kokop Gelar Lomba Gerak Jalan

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-78, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kokop, Kabupaten Bangkalan, memeriahkan perayaan itu dengan menggelar lomba Gerak Jalan.

Perayaan tersebut berlangsung selama dua hari lamanya, dimulai dari tanggal 21 dan 22 Agustus 2023. Dengan total peserta sebanyak 118 regu.

Lomba gerak jalan ini meliputi tiga kategori, yaitu tingkat SD, SMP dan Umum. Sebanyak 75 regu peserta gerak jalan tingkat SD membuka hari pertama kegiatan. Kemudian dihari berikutnya dilanjutkan oleh tingkat SMP dan umum dengan total peserta sebanyak 43 regu yang terdiri dari 25 regu tingkat SMP dan 18 regu tingkat umum.

Acara ini dihadiri oleh jajaran Muspika setempat, seperti Camat, Kapolres dan Koramil Kecamatan Kokop. Selain hadir di acara tersebut jajaran Muspika setempat juga ikut melakukan pelepasan tim peserta gerak jalan pada hari pertama dan kedua.

Tidak ketinggalan pula ketua panitia, Sabekri, juga turut melepas nomor urut selanjutnya pada hari pertama dan kedua. Kemudian pelepasan peserta seterusnya dilanjutkan oleh panitia yang lain secara bergantian.

Tujuan pelaksanaan lomba gerak jalan ini adalah melatih ketepatan waktu, menanamkan semangat kedisiplinan yang nantinya akan berdampak positif terhadap perilaku sehari-hari. Kegiatan ini juga mengasah perjuangan untuk meraih perstasi.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat menanamkan cinta tanah air terhadap anak bangsa, agar selalu ingat pada perjuangan para pahlawan negeri tercinta ini.

Adapun rute yang dilalui oleh peserta tingkat SD yakni dimulai dari SDN Batokorogan 1 Desa Batokorogan, kemudian finis di depan Kantor Kecamatan, dan rute tingkat umum dimulai dari Dusun Torrassem Desa Tramok, kemudian finis di depan Kantor Kecamatan.

Dikatakan panitia penyelenggara yakni Camat Kokop Urip Riyanto, S.Sos, Pelaksanaan lomba gerak jalan ini merupakan wujud rasa syukur kita, karena Republik Indonesia telah merdeka.

Pelaksanaan ini juga merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Syukur Alhamdulillah lomba gerak jalan pada tahun 2023 ini berjalan lancar. Hal tersebut tidak lepas dari kekompakan Muspika, instansi terkait dan partisipasi serta antusias masyarakat Kecamatan Kokop dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini.

“Kekompakan dan kerja keras serta kebersamaan segenap panitia juga perlu mendapat apresiasi, karena walau terik matahari sangat panas, sama sekali tidak menjadi hambatan bagi mereka untuk bekerja. Oleh karena itu kita patut berterimaksih atas kerjasama yang baik, dan semoga hal ini dicatat sebagai amal baik kita,” ungkapnya.

Koordinator Wilayah (Korwil) bidang Pendidikan Kecamatan Kokop Sayadi, M.Pd berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi para peserta agar kedepannya bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin.

“Khusus untuk para siswa, semoga kegiatan ini dapat memberikan edukasi atau suatu proses pembelajaran untuk mendidik dan mengembangkan potensi dirinya. Dan
Diharapkan juga, melalui kegiatan ini para siswa dapat meningkatkan kedisiplinan dan tertanamnya semangat juang serta cinta tanah air, agar menjadi perilaku sehari-hari,” tuturnya.

Adapun hasil lomba gerak jalan tingkat Kecamatan Kokop ini adalah sebagai berikut.:

Tingkat SD sektor putra. Juara 1 diraih oleh SDN Bandang Laok 1, juara 2 diraih oleh MI Al Mubarok, juara 3 diraih oleh SDN Katol Timur 1, juara 4 diraih oleh SDN Batokorogan 1, juara 5 diraih oleh SDN Dupok 3, juara 6 diraih oleh SDN Dupok 4.

Tingkat SD sektor putri. Juara 1 diraih oleh SDN Bandasoleh 1, juara 2 diraih oleh SDN Dupok 1, juara 3 diraih oleh SDN Amparaan 1, juara 4 diraih oleh SDN Tramok 2, juara 5 diraih oleh SDN Dupok 2, juara 6 diraih oleh SDN Batokorogan 1.

Tingkat SMP kategori putra. Juara 1 diraih oleh SMPN 1 Kokop juara 2 diraih oleh MTs. Assa’idiyah, juara 3 diraih oleh SMP Assyarqowiyah.

Tingkat SMP kategori putri. Juara 1 diraih oleh SMPN 1 Kokop, juara 2 diraih oleh MTs. Nurul Huda, juara 3 diraih oleh SMPN 1 Kokop.

Tingkat umum. Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Kokop, juara 2 diraih oleh PGRI Kokop putri, juara 3 diraih oleh SMA Nurul Huda. (Sul/Fin)

Pos terkait