Malam Resepsi HUT Kemerdekaan RI Ke – 78 Desa Singolatren Meriah Juga Keramat

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Hampir semua Pemerintahan Desa se Kabupaten Banyuwangi gelar acara Malam Resepsi akhir dari rangkaian perayaaan HUT Kemerdekaan RI Ke – 78. Bisa dibilang Malam Resepsi sebagai ungkapan rasa bersyukur atas nikmat Allah Swt berupa udara segar kemerdekaan.

Begitu pula Pemerintah Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh, tak mau ketinggalan Jumat malam Sabtu 1 September 2023 adakan acara Malam Resepsi Puncak Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke – 78. Pantauan media pelaksanaan acara Malam Resepsi di Desa Singolatren, kemasannya dengan desa-desa lainnya.

Bacaan Lainnya

Yang mana seluruh unsur Pemerintahan Desa, Lembaga Desa, Perangkat sampai tingkat RT, dan tokoh agama, tokoh masyarakat gelar sholat Magrib berjama’ah di Pendopo Kantor Desa. Dilanjutkan dengan membaca Tahlil bersama dan pembacaan Asrokol serta lantunan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw. Tak berlebihan bila media sebut acara Malam Resepsi Puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke – 78 Desa Singolatren “Keramat”.

Hadir dalam acara tersebut unsur Forpimka Singojuruh diataramya Camat Singojuruh diwakili oleh M. Suparlan (Ka. Trantib), Kapolsek Singojuruh diwakili oleh Bripka Tegar (Bhabinkamtibmas), Danramil 0825/13 Singojuruh diwakili oleh Sertu A. Nizar. Pada kesempatan tersebut Apandi selaku Kepala Desa Singolatren menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Panitia HUT RI Ke – 78 Desa Singolatren. Apandi berharap moment perayaan HUT Kemerdekaan RI tadi hanya dilihat dari sisi meriah dan tidaknya acara. Akan tetapi hendaknya jadi motifasi dan edukasi kebangsaan sehingga bisa mengisi kemerdekaan dengan baik.

Apandi selipkan dalam sambutannya soal kesadaran masyarakat terhadap penanganan dan pengelolaan sampah demi lingkunhan hidup bersih dan sehat. Yang menarik Apandi lontarkan gagasan program ke depan soal nguri-uri mengenang jasa para leluhur Desa Singolatren. Yang mana dihadapan tokoh masyarakat Apandi sampaikan rencananya yaitu akan adakan iven bedah asal muasal Desa Singolatren yang dipercaya oleh masyarakat secara turun-temurun pernah ada tokoh terdahulu berjuluk “Buyut Singoniti”.

“Saya yakin asal muasal Desa Singolatren ada keterkaitan dengan sosok tokoh leluhur kita yang bersebutan Buyut Singoniti. Kita harus gali bersama kenapa desa kita bernama desa Singolatren, yang kalau kita artikan dari sisi kata Singo adalah Harimau atau Singa dan Latren adalah latar atau tempat bermain. Bisa jadi asal usul sebutan desa Singolatren ada keterkaitan juga dengan sejarah masa kejayaan Prabu Tawangalun dan Kraton Macan Putih, Agung Wilis dan setereusnya. Oleh karena itu saya harap semua tokoh masyarakat terlibat menggali sejarah asal-usul Desa Singolatren”, lonyarnya.

Acara berlanjut bakdo sholat Isyak yaitu gebyar musik dan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba-lomba. Di malam Respsi inilah, Pemerintah Desa Singolatren sengaja sugukan live musik electone menampilkan sedertan artis cantik. Ditambah dengan tampilan-tampilan lain oleh warga Desa Singolatren sempurnakan kemeriahan Malam Resepsi Kemerdekaan RI Ke – 78.

Sultan Hamdani selaku Ketua Panitia HUT RI Ke – 78 atas nama jajaran Panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat. Yang telah mendukung dan berpartisipasi mensukseskan kegiatan-kegiatan dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke – 78. Permohonan juga disampaikan, bila mana selama Panitia menggelar kegiatan banyak hal yang kurang memuaskan masyarakat. (r35).

Pos terkait