Saling Curiga, BPD, Panitia Pilkades Cantuk, Dan Timses Bacakades Duduk Bersama Klarifikasi

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pendopo Kantor Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi, Senin 11/9/2023 sekira Pukul : 14.30 WIB kehadiran BPD, Panitia Pilkades Cantuk, dan beberapa Perwakilan Tim Sukses (Timses Bakal Calon Kepala Desa). Tentu bukan tanpa alasan mereka kompak hadir di Pendopo Kecamatan, ada hal urgen yang perlu dibahas.

Usut bin usut, kabarnya kehadiran mereka sengaja diundang oleh Sub Kepanitiaan Kecamatan Singojuruh, karena ditengarai ada kasak-kusuk masing-masing kubu Bacakades saling curigai melakukan pelanggaran. Ada yang diduga dengan istilah curi start kampanye, diduga tidak netral, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dan berdasarkan adanya pengaduan salah satu Timses Bacakades. Maka Sub Kepanitiaan Kecamatan Singojuruh mengundangnya untuk duduk bersama untuk mengklarifikasi, diskusi dan satukan persepsi, demi sukses, lancar dan amannya pelaksanaan Pilkades Cantuk bulan Oktober 2023 mendatang.

Plt. Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto saat dikonfirmasi tentang seputar permasalahan tersebut, mengatakan bahwa dalam hal ini Kecamatan tidak pada posisi kewenangan menghakimi si A salah dan si B benar.

“Terkait Pilkades ini, kami Kecamatan kepanjangan tangan dari Tim Kabupaten. Dan dalam permasalahan ini kami tidak pada posisi kewenangan menghakimi si A salah dan si B benar. Kami hanya memfasilitasi duduk bersama, klarifikasi, diskusi, satukan persepsi yang tujuannya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Harapannya adalah bagaimana Pilkades Cantuk berjalan sukses, lancar, dan aman”, tuturnya.

Anas Sugiarto berharap kepada Bacakades dan Timsesnya untuk mengikuti aturan yang sudah ada dibawah kendali Panitia. Dan kepada pihak yang merasa kapasitasnya masih bagian dari Pemerintahan Desa juga Panitia. Dihimbau untuk jaga netralitas dan junjung tinggi keadilan agar tidak memicu reaksi kecurigaan dan protes dari masyarakat. Terutama kepada Panitia Pillades, Plt. Camat Anas Sugiarto meminta untuk tegak lurus jalankan aturan yang sudah ada.

Pada kesempatan itu tampak pula kehadiran Staf Fungsional Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi Fredy Budi Mulyo, dan Kapolsek Singojuruh AKP Arif Wahyudi, SH. Sementara di luar terdengar slantang slentingan yang menginginkan pelaksanaan Pilkades Cantuk berjalan aman-aman saja tidak seperti yang sudah berlalu harus ada pengondisian keamanan ekstra dari kepolisian. (r35).

Pos terkait