Pekan Olahraga Siswa Sekolah Dasar 2023 Sebagai Media Para Atlet Dalam Berprestasi

Kabaroposisi.net | Jombang – Pekan Olahraga Siswa Sekolah Sekolah Dasar (POR SD) 2023 dibuka oleh kepala dinas pendidikan dihadiri oleh Kepala Bidang SD Rhendra Kusuma, jajaran kepala sekolah, panitia, official tim bertempat di lapangan SMA Negeri 3 Jombang. Selasa (12/9/23)

Kepala Dinas Pendidikan Senen saat diwawancarai menyampaikan, Pekan Olahraga Siswa Sekolah Dasar (POR SD) Kabupaten Jombang Tahun 2023 dimulai tanggal 12 – 16 September 2023 dengan 5 cabang olahraga terdiri dari atletik, sepak takraw, bola voly mini, catur dan renang.

“Jumlah peserta dari cabang olahraga atletik ada 42, sepak takraw ada 12 putra dan 12 putri, bola voly mini ada 21 tim putra dan 19 tim putri, catur ada 33 putra dan 24 putri, renang ada 49 putra dan 48 putri,” ucapnya.

Diadakannya POR SD yang pertama sebagai evaluasi terutama setelah adanya pembinaan dan latihan untuk mengetahui seberapa jauh dari pembinaan masing – masing satuan pendidikan walaupun yang dikirimkan sudah pilihan terbaik, imbuhnya.

Menurut Senen, diadakannya POR SD sebagai media untuk para atlet dalam menunjukkan sekaligus menjaring prestasi, selanjutnya yang mendapat juara 1 akan dikirim ke tingkat provinsi.

“Setiap tahunnya diharapkan ada peningkatan terkait dengan prestasi yang di raih, kami tahu tidak mudah, tapi kami berharap para pelatih bisa menjadi bahan evaluasi ketika belum mampu bersaing berarti perlu ditingkatkan pembinaannya. Sampai sekarang belum bisa sampai ditingkat nasional hanya sampai tingkat provinsi,” ungkap Senen.

Ditempat sama, Ahmad Mujahidin salah satu official tim dari Kecamatan Plandaan yang juga menjadi kelompok kerja guru olahraga se Kecamatan Plandaan menyampaikan, latihan baru berlangsung selama 1 minggu karena menunggu surat edaran yang baru keluar dari Dinas Pendidikan.

“Untuk official tim Kecamatan Plandaan membawa peserta bola voly ada dua (2) tim terdiri dari satu(1) tim putra dan satu(1) tim putri gabungan atlet – atlet dari beberapa SD hasil dari PHBN 17 Agustus. Untuk seleksi kita kemarin di tim juara kita jadikan satu tempat kemudian kita adu kembali dan ada tim dari guru olahraga yang memilih anak – anak yang terbaik. Dan semoga Pekan Olahraga Siswa Sekolah Dasar bisa diadakan setiap tahun untuk memunculkan bakat – bakat terpendam dari Kecamatan – Kecamatan yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Jombang sampai ditingkat Nasional,” pungkasnya.(sap)

Pos terkait