Diskusi Panel Bersama Anggota DPRD Kab. Probolinggo, dalam Tema Pengembangan UMKM berbasis Digitalisasi dan Kreativitas di Kec. Tegalsiwalan

Probolinggo|Kabaroposisi.net,.DPRD Kabupaten Probolinggo Komisi III Sugito SH. dari fraksi Nasdem Usman Muhtadi Fraksi PKB Dan Ibu Hj Nurul Laila Khusnul dari Fraksi Golkar menghadiri acara diskusi panel pengembangan UMKM Berbasis digitalilasi, nilai lokal dan kreativitas di Pendopo kecamatan Tegalsiwalan kabupaten Probolinggo Jawa timur. 23-10-2023

Acara tersebut dibuka langsung oleh . Sugeng Hariyadi Sekcam Tegalsiwalan, yang mengatakan, Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas bagi kehidupan manusia. Khusus dalam bidang teknologi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas sentra Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam pemasaran produk-produk. Tandasnya”

Disamping itu, Usman Muhtadi DPRD Kabupaten Probolinggo Fraksi PKB. Juga menyampaikan,pihaknya mendukung perkembangan dan akan membantu adaptasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Probolinggo dalam tatanan kehidupan baru khususnya, Pemkab Probolinggo melalui Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disperinkopukm) Kabupaten Probolinggo dengan memaksimalkan peran media sosial dalam digitalisasi UMKM. Platform digital atau sosial media yang biasa kita manfaatkan sehari-hari bisa menjadi awal yang bagus untuk mempromosikan usaha. Dengan situasi saat ini yang semakin bergantung pada kemampuan digital, peran teknologi dan digitalisasi harus dimanfaatkan para pelaku UMKM agar tidak tertinggal. Digitalisasi UMKM akan membantu bertahan dalam masa sulit, serta masa depan bisnis yang lebih terjamin. Pengembangan UMKM ini diperlukan karena UMKM memiliki fungsi penting yaitu memberi jejaring pengaman untuk masyarakat berpenghasilan rendah, menyumbang produk domestik bruto serta memperluas penyerapan tenaga kerja. Ungkapannya ”

Hal senada yang di sampaikan oleh Bpk Sugito S.H selaku DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Nasdem. Untuk merambah platform digital, diperlukan platform yang tepat. Ada beberapa platform yang bisa digunakan, yakni website dengan memanfaatkan aplikasi seperti aplikasi digital market, Google Bisnisku, media sosial, aplikasi percakapan, aplikasi iklan digital dengan Google Ads maupun aplikasi lainnya. Salah satu langkah Pemkab Probolinggo dalam digitalisasi UMKM adalah dengan memanfaatkan platform Probolinggo Bayuangga ( Banyu, angin, anggur, mangga) dalam memasarkan produk kuliner berupa snack dan nasi ke dalam lingkungan Pemkab Probolinggo Namun demikian, tidak seluruh pesanan dilakukan dengan aplikasi, karena berbagai faktor. Selain melalui aplikasi pesanan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Akan tetapi apabila tidak menggunakan aplikasi tidak dapat memantau pesanan pelaku UMKM. Karena melalui aplikasi ini seluruh pelaku UMKM yang sudah tercatat dalam Kelompok, juga tahu bagaimana perkembangan kelompok pelaku UMKM apakah mereka rutin menerima pesanan atau tidak.

Dengan adanya produk home industri sampai saat ini telah banyak membantu para pelaku UMKM dalam menjual dan memasarkan produknya. Selain itu dengan ini dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Melalui aplikasi online ini para pelaku industri kecil bisa turut terwadahi dalam program digitalisasi. (Wn)

Pos terkait