18 Siswa Kelas XII SMK IMM PGRI 1 Mejayan Diterima Kerja Di Anak Perusahaan BUMN

Oleh Drs.Sampun Hadam, M.M Kepala SMK IMM PGRI 1 Mejayan.

Madiun – Prinsip penerapan Kanvas Analisis yang dilakukan di SMK Internasional Mellenial Model PGRI 1 Mejayan tidak perlu diragukan . Bahkan patut di contoh pada SMK lain khususnya persekolahan Swasta. Mengedepankan efektifitas, efesiensi, kwalitas dan produktif melekat pada seluruh komponen sekolah. Bagaimana tidak , tujuan pendidikan SMK yakni: keterserapan Kerja, bisnis dan melanjutkan bisa dibuktikan lulusan SMK internasional mellenial model PGRI 1 Mejayan.

Hal tersebut dibuktikan sejak tahun 2020 dalam kondisi vandemik berhasil mengantarkan 6 siswanya kerja ke Jepang. Tahun 2021 18 siswa, tahun 2022 , 36 siswa tahun 2023 sudah 46 siswa dari rencana 78 siswa yang tinggal menunggu pemberangkatan.

Tidak hanya keterserapan kerja. Program Mas Mentri , tentang D 2 fastrek, SMK IMM PGRI 1 Mejayan juga menjadi percontohannya. Lounching D2 pastrek kerja bareng SMK IMM PGRI 1 Mejayan Politeknik Negeri Madiun dan PT INKA persero menjadi Riel keberanian menangkap peluang program program Mas Mentri Nadim . Tahun 2021 mampu mengantarkan 24 siswa SMK IMM PGRI satu Mejayan kuliah di Politeknik Negeri Madiun dan sekaligus kerja ke Jepang .

Tidak hanya kerja di Jepang, terobosan yang terus dilakukan yakni menembus BUMN. Terbukti tahun 2022 , 6 siswa berhasil diterima kerja di anak perusahaan Telkom masih kelas XII atau belum terima ijasah. Pada tanggal 27 Oktober ini berhasil mengantarkan 18 siswanya diterima kerja di PT REKA GLOBALINDO salah anak perusahaan PT INKA Persero joint Perusahaan SOMITOMO Jepang. Sedang yang diterima di banyak perusahaan swasta lain lebih dari 70 % sebelum terima ijasah.

Hal ini sesuai dengan visi SMK INTENATIONAL MELLENIAL MODEL PGRI 1 Mejayan yakni : ” Meyiapkan SDM Unggul, Meningkatkan Daya Saing Produk dalam negeri dan ikut menggerakkan Ekonomi Masyarakat”. Melalui Strategi ” Integrasi antara Literasi, Skill Pasport dan Life Skill Education “.

Target tahapan yang dilakukan adalah: kelas X penekanan Pada Karakter, komunikasi dan basik Skill. kelas XI kompetensi skill dan penguatan etos kerja siswa . sedang kelas XII profesional Skill melalui full magang satu tahun. Ketika siswa magang kerja, diberi kesempatan mengikuti rekrutmen test kerja di perusahaan . Alhamdulillah 18 siswa diterima, maka siswa bisa di berikan surat keterangan lulus sambil menunggu ijasah . Hal ini sebagai penguat bagi perusahaan secara adminitrasi . Sekaligus menjadi motifasi atau menanamkan Kompetitif Nersh bagi para siswa dalam mengikuti pendidikan dan latihan di SMK Internasional Mellenial Model PGRI 1 Mejayan..

Kerja sama antara SMK IMM PGRI 1 Mejayan dengan PT. REKA GLOBAINDO tidak hanya rekrutmen siswa kelas XII. Pada tanggal 17 Oktober juga telah ditanda tangan perjanjian kerja sama pengembangan teaching Vactory di salah satu workshop SMK IMM PGRI 1 Mejayan untuk produksi panel kelistrikan 100 Gerbong Kereta tahun 2023 dari 600 gerbong yang direncanakan pada tahun 2024. Maka pantaslah kami acungi Jempol untuk INKA Holding yang telah menggandeng SMK IMM PGRI 1 Mejayan sebagai contoh lengan produksi PT. INKA Persero. Bahkan telah membimbing SMK Model Mendirikan Badan hukum dalam bentuk PT CCLE Inovasi Prima yang Ber PKP agar bisa mengeluarkan faktur pajak. Hal ini sebagai upaya penghimpun jasa produksi lembaga pendidikan Vokasi SMK / Poltek yang menjadi lengan produksi PT INKA Persero.

Keberanian dan keberpihakan BUMN sebagai upaya mewujudkan SDM Unggul dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri serta menggerakkan UMKM / SMK.

Penerapan kurikulum Merdeka melalui demensi profil Pelajar Pancasila yang dilindungi oleh KEMENDIKBUDRISTEK sesungguhnya peluang sangat besar bagi para kepla sekolah untuk mengembangkan strategi pendidikan di sekolah yang dipimpin. Pertanyaannya adalah mampu / tidak dan atau berani /tidak..

Jabatan ini amanah dan kesempatan untuk melalukan yang terbaik agar hidup manfaat syukur barokah. Yakinlah Allah bersama para pemimpin yang menjalankan amanah dengan sebaik baiknya untuk memakmurkan masyarakat .

Salam, Penggerakan pendidikan Vokasi Indonesia.

Pos terkait