Pesta Demokrasi Pilkades Bayu Sukses, Calon Perempuan Ungguli 3 Calon Lainnya

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bayu Kecamatan Songgon Kebupaten Banyuwangi tunai sudah laksanakan hajatan demokrasi Rabu 25 Oktober 2023. Di Kecamatan Songgon yang gelar Pilkades selain Desa Bayu, juga Desa Sragi dan Desa Sumberarum.

Calon Kepala Desa (Cakades) yang berkompetisi rebut hati dan dukungan suara dari masyarakat Bayu ada 5 Calon diantaranya : Calon No. Urut : (1) Mugiyarso, Calon No. Urut : (2) Bagus Purwanto, Calon No. Urut : (3) Sugito (incumbent), dan Calon No. Urut : (4) Yulia Herlina. Ke empat orang Calon tersebut tentu adalah putra-putri terbaik Desa Bayu.

Sebagaimana informasi yang beredar di berbagai grup WhatsApp di Banyuwangi Calon Kepala Desa No. Urut : 4 atas nama Yulia Herlina perolehan suaranya ungguli 3 Calon lainnya termasuk incumbent dengan data hasil perhitungan suara sebagai berikut : Calon No. Urut : (1) Mugiyarso raih dukungan 652 suara, Calon No. Urut : (2) Bagus Purwanto raih dukungan  203 suara, Calon No. Urut : (3) Sugito (incumbent) raih dukungan 835 suara, dan Calon No. Urut : (4) Yulia Herlina raih dukungan 2.177 suara.

Perolehan dukungan 2.177 suara bagi seorang Yulia Herlina satu-satunya calon mewakili kaum perempuan itu. Beberapa pengamat politik lokal katakan luar biasa, karena mampu mengungguli ke tiga calon yang lainnya termasuk incumbent. Namun demikian informasi yang berkembang, meski Pilkades di Desa Bayu cukup kompetitif, pelaksanaan Pilkades nya berjalan sukses, aman, dan kondusif.

Ketua Panitia Pilakdes Bayu Hasan Irama dalam konfirmasinya via pesan singkat (WhatsApp) mengucap syukur dan menyampaikan ucapan terima kasih.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT, pelaksanaan Pilkades di Desa Bayu pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 berlangsung sukses, aman, lancar, dan kondusif. Kami atas nama Panitia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terkait dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkades 2023 terutama kepada petugas keamanan TNI/Polri, Pol-PP, serta Linmas. Juga kepada para Cakades, Pemdes, BPD, teman-teman KPPS yang telah bekerja keras dan seluruh masyarakat desa bayu yang telah bersama-sama menjaga mengawal dan ikut serta berpartisipasi mensukseskan Pilkades yang jujur, adil, tertib, aman, damai dan kondusif”, ungkapnya.

Buah dari pesta demokrasi Pilkades yang membuat senam jantung itu, dipastikan Desa Bayu tak lama lagi akan dipimpin oleh seorang Kepala Desa perempuan. Usut bin usut diketahui ternyata Calon Kepala Desa Bayu terpilih atas nama Yulia Herlina adalah putri dari mantan Kades Bayu pertama bernama Matno Hadi Dusun Kentangan Desa Bayu Kecamatan Songgon. (r35).

Pos terkait